Peristiwa & Hukum

Lapak PKL di Atas Trotoar Kawasan Mabuun Tabalong Ditertibkan Petugas Gabungan

Penertiban Lapak PKL

TANJUNG, klikkalsel.com – Petugas gabungan dari Disperindag, Dishub, Satpol-PP, DLH Tabalong serta TNI-Polri menertibkan lapak Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di atas trotoar pada, Selasa (10/11/2020).

Penertiban dilakukan mulai dari sekitaran Tanjung Expo Center, depan Mall Pelayanan Publik (MPP) Tabalong dan sekitaran Pasar Mabuun.

“Di trotoar tidak diperbolehkan untuk berjualan karena akan menganggu pejalan kaki,” kata Kepala Disperindag Tabalong, Husin Ansari usai melakukan penertiban.

Husin menerangkan, para pedagang yang lapaknya ditertibkan akan dialihkan di tempat yang sudah disediakan yakni, di lahan seberang MPP.

“Di lokasi itu sudah kita siapkan tenda untuk para pedagang supaya bisa berjualan,” ungkapnya.

Selama proses penertiban, sempat ada penolakan dari sejumlah pedagang. Namun kata Husin, pihaknya sudah menyampaikan pemberitahuan beberapa hari lalu kepada pedagang bahwa akan melakukan penertiban.

“Tetapi ada beberapa pedagang yang memang bersikeras tidak mau dipindahkan dengan alasan bahwa berjualan di tempat yang sudah kita sediakan barang dagangan tidak laku, namun berkat kerjasama dengan semua pihak, Alhamdulillah akhirnya mereka mengerti dan mau mengikuti arahan kita,” jelasnya.

Agar menjaga lokasi yang sudah ditertibkan agar tidak ditempati PKL lagi, Husin menerangkan, pihaknya akan mendirikan posko pemantau disekitar lokasi penertiban.

“Kami bersama dengan Dishub dan Satpol-PP akan membuatkan posko di dekat tugu Bank Indonesia, dari situ nanti akan kami pantau bersama beberapa SKPD tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, salah sorang pedagang minuman ringan, Sauqani, yang lapaknya turut ditertibkan menuturkan, setuju dengan adanya pemindahan pedagang ke lokasi pasar. “Setuju saja kalau semuanya juga dipindahkan,” katanya.

Sauqani mengaku, sudah berjualan minuman ringan selama beberapa tahun dan ini pertama kalinya ia dipindahkan.

“Dari dulu tidak pernah pindah-pindah berjualan, dan sekarang kita coba dulu pindah ke lokasi pasar baru,” ungkapnya.(arif)

Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top