Banjarmasin

Langgar Hinduan Pernah Menjadi Pertemuan Ulama Se Indonesia

BANJARMASIN,klikkalsel.com – Mungkin banyak orang yang tak mengetahui Langgar Al-Hinduan yang terletak dikawasan Jalan Piere Tendean atau disekitar wilayah Menara Pandang itu ternyata memiliki sejarah yang tak ternilai.

Ratusan ulama dari berbagai daerah di Indonesia ternyata pernah berkumpul di Langgar Al Hinduan dan sekitarnnya dalam sebuah acara akbar yakni Muktamar Nahdatul Ulama XI tahun 1936. Saat itu ratusan ulama dalam pertemuannya membahas tentang bentuk negara pada saat itu.

Ketua Pengurus Langgar Hinduan Ibrahim mengatakan, memang benar dulu pernah berlangsung Muktamar se Indonesia.

“Itu sangat lama berlalu, kalau tidak salah sekitar tahun 1936 silam,” katannya.

Dikatakannya pula, sejak berdirinnya pada tahun 1915 hingga sekarang, kerap menjadi tempat peribadatan baik warga disekitar maupun bagi wisatawan lokal di kawasan Menara Pandang, maupun pelancong (wisatawan) menuju kampung sesirangan yang berjarak sekitar 100 meter dari anggar tersebut.

“Sekarang bangunannya pun tak banyak berubah, ornamen dulu masih dipertahankan, namun kondisinya mulai banyak yang keropos seperti langit-langit Langgar tersebut,” ucapnnya.

Ia berharap langgar Hinduan dapat perhatian dari pemerintah setempat. Karena selama ini banyak swadaya masyarakat yang melaksanakannya.

“Semoga Al Hinduan tetap kokoh ditepian Sungai Martapura yang merupakan masjid yang memiliki sejarah,” ucapnnya.(azka)

Editor : Amran

block id 8627 site klikkalsel.com - PC/Mob
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top