Banjarmasin

Lakukan Pembersihan Saluran Sungai, Dinas PUPR Minta Warga Juga Turut Berperan Serta Jaga Lingkungan

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Tim Pasukan Turbo di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin, melakukan pembersihan saluran sungai dan drainase di kawasan Gang Bandaneira, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Senin (16/11/2020).

Tindakan yang dilakukan Dinas PUPR tersebut menanggapi respon dari warga setempat yang mengaku kerap merasakan luapan, hingga menyisakan genangan air ketika hujan mengguyur.

Kepala Bidang Sungai di Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Hizbul Wathoni, mengatakan bahwa pembersihan aliran sungai dan drainase di kawasan tersebut dilakukan agar bisa dijadikan sebagai area resapan air. Sehingga air yang biasanya menggenang di jalanan, bisa dilarikan ke lahan kosong.

Kemudian, Thoni juga menaruh harapan kepada warga sekitar, agar ke depannya bisa melakukan pemeliharaan kawasan melalui aksi bersih-bersih secara rutin.

Baik kegiatan yang dilakukan secara mingguan maupun bulanan. Sehingga persoalan genangan air yang kerap dikeluhkan bisa teratasi.

“Kalo kami sebenarnya bisa saja secara rutin membersihkan, tapi kami harap peran serta warga juga, kalau bisa warga gotong royong rutin sebulan sekali, agar sama sama merasa memiliki tidak hanya bergantung kepada pemko Banjarmasin,” jelasnya.

Pembersihan yang dilakukan pasukan turbo Dinas PUPR Banjarmasin tersebut sudah dilakukan sebanyak dua kali, yang pertama dilakukan pada Sabtu (14/11/2020) kemarin dan hari ini.

“Memang kondisi daerah kita yang rendah bahkan di bawah permukaan air ini ditambah dalam sehari terjadi pasang dua kali dan surut dua kali ini membuat saluran drainase maupun sungai mudah sekali terjadi pendangkalan,” pungkasnya.(fachrul)

Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top