Banjarmasin

Lagi, Jemaah Umroh Tak bisa ke Arab Saudi Akibat Meningkatnya Covid

Lagi, Jemaah Umroh Tak bisa ke Arab Saudi Akibat Meningkatnya Covid

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Kasus penyebaran Covid-19 kini menunjukan taringnya lagi termasuk di Arab Saudi. Sehingga para Jemaah Haji terutama jemaah Umrah terpaksa menunda keberangkatan.

Pasalnya, Otoritas Arab Saudi menutup sementara akses masuk ke wilayahnya bagi pendatang dari 20 negara, termasuk Indonesia.

Hanya warga negara Saudi, diplomat, praktisi kesehatan, serta keluarga mereka yang diizinkan masuk. Kebijakan tersebut diambil dikarenakan semakin meningkatnya kasus covid-19 di negara Arab Saudi.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi (Kemenag) Kalimantan Selatan Drs H Noor Fahmi MM mengatakan, Keputusan tersebut diterbitkan pada 2 Februari 2021 dan berlaku efektif sejak 3 Februari pukul 21.00.

“Namun itu tidak berlaku jemaah yang pulang dari tanah arab tersebut, sebab untuk kepulangan jemaah umrah masih tetap berjalan sesuai jadwal,” katanya kepada klikkalsel.com saat dikonfirmasi Rabu, (10/2/2021)

Pada tanggal 1 November 2020 dan hingga 2 Februari 2021 yang lalu Arab Saudi membuka kedatangan jemaah umrah asal Indonesia dan jumlahnya mencapai 2.603. Dimana diberangkatkan dari 2 bandara, yaitu Soekarno Hatta, Banten, dan Juanda, Jawa Timur.

“Saat ini, ada 670 jemaah Indonesia yang masih berada di Arab Saudi. Mereka sedang menjalankan ibadah umrah dan menunggu jadwal kepulangannya,” katannya.

Saat ditanya apakah ada jemaah yang berasal dari Kalsel, Fahmi tidak bisa memastikan namun yang jelask dirinya mengatakan, bahwa saat ini belum ada pemberangkatan ke Arab Saudi.

“Bahkan selama di Saudi para jemaah yang masih tertinggal harus disiplin menerapkan protokol kesehatan sesuai kebijakan pemerintah setempat,” pungkasnya. (azka)

Editor : Akhmad

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top