Kurun Waktu Satu Jam, Api Goyang Dua Lokasi di Banjarmasin Tengah

Kebakaran menghanguskan 3 buah bangunan di kawasan jalan Pegadaian Banjarmasin Tengah. (foto : david/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel – Hanya dalam selisih waktu kurang lebih satu jam api menghanguskan beberapa kios dan bangunan di dua tempat berbeda.

Pertama api menggegerkan warga Jalan Kampung Gedang RT 10 Kelurahan Gadang Kecamatan Banjarmasin Tengah yang menghanguskan sebuah kios bensin, Jumat (25/1/2019) sekitar pukul 07.30 Wita.

Menurut saksi api pertama kali terlihat pada pintu bagian dalam yang kemudian dengan cepat membesar dan menghanguskan seluruh bangunan kios milik Engot.

“Kata engot, awalnya ada kaya bunyi meletup gitu, lalu muncul api. Pas saat saya datang api sudah besar,” ujar Afu, salah satu saksi.

Api akhirnya berhasil dipadamkan tak lama setelah pemadam kebakaran berdatangan.

Selang satu jam kemudian kebakaran kembali terjadi, namun kali ini dikawasan Jalan Pegadaian Banjarmasin Tengah, tepatnya samping Mitra Plaza, sekitar pukul 08.30 Wita.

Sedikitnya tiga bangunan hangus terbakar dalam kejadian yang di duga dari bengkel milik H Edi (40), yang kemudian merembet ke gudang kosmetik kosong milik Agus Satri Budikan alias Atek (51) dan tempat penumpukan barang bekas milik Kembar (50).

“Apinya berasal dari bengkel, baru kemudian merembet ke bangunan lain,” ujar Sri Ningsih salah satu warga sekitar.

Kapolsek Banjarmasin Tengah, AKP Sigit Prihanto saat dihubungi mengatakan pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait dua kejadian tersebut.

“Belum diketahui untuk penyebabnya, kita masih lakukan penyelidikan,” ujarnya.

Dalam kejadian tersebut ditaksir korban mengalami kerugian hingga Rp 380 juta.

Sigit pun mengimbau agar masyarakat senantiasa waspada terhadap bahaya kebakaran dengan cara memastikan di rumah atau toko miliknya tidak terdapat sumbet atau potensi yang bisa menyebabkan kebarakan seperti jaringan listrik atau bahkan pencurian listrik.

“Banjarmasin ini kan kawasan padat perumahan, jadi kita harus waspada,” pungkasnya.(david)

Editor : Farid