Kunci Sukses Dibalik Sosok Manajer Muda

Manajer PS Barito Putera U-18 dan U-20, Halikin Noor (foto : syarif/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel – Berbanding terbalik dengan tim senior, Tim junior Barito Putera menunjukan kelasnya dengan bersaing di babak 8 besar Elite Pro Academy, tidak hanya U16, namun U18 dan U20 yang di manajeri oleh Halikin Noor juga terus menunjukan performa terbaiknya.

Pembinaan sepakbola muda oleh Barito Putera terus menunjukan hal positif, dimana 3 tim yang di manajeri oleh Halikin Noor ketiganya masuk dalam babak 8 besar Elite Pro Academy.

Tim pertama yang lolos ke babak 8 besar dengan hasil terbaik yakni Barito Putera U20 di bawah asuhan pelatih Andi Abunawas, yang hingga saat ini baru 1 kali menelan kekalahan sejak fase grup.

Kemudian Barito Putera U16 yang dipimpin pelatih Gilang Ramadhan, lolos ke babak 8 besar sebagai peringkat 3 terbaik saat memperoleh poin yang sama dengan Bhayangkara FC pada fase grup, dan kini telah di Manajeri oleh M Firman Dida Hasnuryadi, yang menggantikan Halikin Noor 3 bulan yang lalu.

Terakhir, Barito Putera U18 dengan pelatih kepala Ilham Romadhona, juga lolos ke babak 8 besar sebagai juara grup, unggul jauh dari peringkat ke 2 Bhayangkara FC.

Halikin Noor mengatakan, keberhasilan tim muda Barito Putera tersebut merupakan jerih payah dari tim pelatih dan para pemain tersendiri, ia sebagai Manajer hanya memberikan motivasi untuk menanamkan jiwa saling memiliki dan kebersamaan kepada setiap pemain.

“Yang pertama kita tanamkan kepada pemain adalah rasa memiliki dulu terhadap klub, kalau mereka sudah merasa memiliki, tentu apapun akan diperjuangkan untuk kebesaran klub. Kemudian kita bangun rasa kekeluargaan, kebersamaan dan rasa saling menghargai sesama pemain, pelatih dan manajemen,” jelasnya.

Ia juga tidak memberikan batas kepada para pemain maupun tim pelatih, karena menurutnya usia muda adalah masa-masa dimana tumbuh kembang para pemain sangat labil, sehingga sosok mentor, sangat diperlukan.

“Saya tidak membatasi jarak antara pemain, pelatih dan manajemen. Kadang kita bisa sebagai kakak, sebagai guru, sebagai pelatih bagi pemain. Motivasi yang ditanamkan juga adalah semangat juara dan pantang menyerah. Kalau berbicara skill, masing-masing pemain pasti sudah ada, tinggal dikembangkan,” jelasnya.

Halikin juga berharap kedepannya pemain binaan Barito Putera tersebut bisa terus menunjukan konsistensi tinggi dan memberikan hadiah untuk masyarakat banua.

“Harapannya kepada tim Barito U16, U18 dan U20 agar mereka bisa mempertahankan prestasi yang sudah di raih dan menunjukkan permainan terbaik mereka aja. Kalo hasil kita serahkan kepada yang diatas, mudah-mudahan apa yang diharapkan oleh pemilik dan masyarakat banua bisa tercapai,” pungkasnya.(fachrul)

Editor : Amran