Politik

Kunci Kemenangan, ZR Unggul 57 Persen Hasil Quick Count Mayoritas Lembaga Survei Nasional

BATULICIN, klikkalsel.com – Tiga lembaga survei independen nasional yang terdaftar di KPU ramai-ramai merilis hasil perhitungan cepat Pilkada Tanah Bumbu. Diprediksi perolehan suara pasangan Zairullah-Rusli (ZR) mengantarkan kandidat dengan tagline ‘Kembali Mengabdi’ lolos sebagai pemenang.

Keunggulan perolehan suara pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tanah Bumbu periode 2021-2024 nomor urut 3, Zairullah Azhar dan Muhammad Rusli (ZR) di angka 57 persen, pada closing update quick count,Rabu, (9/12/202) malam, pukul 23.30 WITA.

Jaringan Suara Indonesia (JSI) menempatkan Zairullah-Rusli sebagai peraih suara terbanyak dengan angka 57,89 persen dalam perhitungan cepat (Quick Count) pilkada serentak 2020 di kabupaten Tanah Bumbu ini, saat data masuk sudah mencapai 100 persen. Sementara di peringkat kedua peraih suara terbanyak didapatkan pasangan calon nomor urut 01, Syarifuddin H. Maming (SHM)-Muhammad Alpiya Rahman (MAR) dengan 39, 80 persen.

Sedangkan di urutan terakhir paslon nomor 02, Mila Karmila-Zainal Arifin memperoleh 2, 32 persen suara. Dalam perhitungan cepatnya, JSI menggunakan metode random sampling di 240 tempat pemungutan suara (TPS), dengan sampling error’ sekitar 1 persen. Menariknya dari survei JSI angka partisipasi pemilih pada pilkada kali ini cukup tinggi, yakni mencapai 81, 85 persen.

Lembaga survei lainnya, Indikator Politik Indonesia juga menempatkan paslon ZR sebagai pemenang hasil quick countnya di angka 57, 69%. Kemudian disusul SHM-MAR 39, 9 persen dan Mila-Zainal 2, 41 persen suara ketika data masuk mencapai 99,50 persen.

Demikian juga Charta Politika Indonesia, dalam rilisnya Rabu (9/1/12/2020) malam menutup Quick Count pilkada Tanah Bumbu untuk keunggulan Zairullah-Rusli raihan suara mencapai 57, 24 persen. Saat data suara masuk 100 persen, paslon nomor urut 01, Syafruddin-Alpiya hanya memperoleh suara sekitar 39, 9 persen, yang kemudian disusul Karmila-Zainal Ariffin dengan posisi angka 2,48 persen.

Selain itu, lembaga survei nasional lainnya juga turut melakukan perhitungan cepat, seperti Jaringan Survei Inisiatif dan Team Dozer Real Count. Kedua lembaga ini mengupdate rilis terakhir, Kamis (10/12) dengan perhitungan data masuk 100 persen, yakni masing-masing perolehan suara juga untuk keunggulan Zairullah-Rusli. Jaringan Survei Inisiatif mencatat kemenangan ZR dengan angka 59,69 persen dan Dozer 57,65 persen.

Kemenangan paslon ZR versi perhitungan cepat lima Lembaga Survei Independen ini disambut haru Tim Pemenangan dan Relawan. Mereka sangat bersyukur perjuangan mereka selama 3 bulan terakhir selama tahapan pilkada berlangsung, hasil yang diraih sangat memuaskan, karena perolehan suara unggul mutlak dibanding paslon lainnya.

“Usaha keras dan perjuangan semua tim dan relawan yang terlibat selama ini tidak sia-sia. Kemenangan mutlak ini pantas didapatkan karena upaya maksimal kami semuanya,” ucap Panglima Dozer, Rully Rozano.

Namun pihaknya tidak akan jumawa dengan keunggulan ini. Pasalnya perjalanan masih panjang, karena untuk memastikan kemenangan ZR masih menunggu perhitungan manual (real count) KPU yang sudah berlangsung usai pencoblosan.

“Tim dan relawan akan mengawal kemenangan ini hingga selesainya perhitungan manual di KPU, sampai penetapan pemenang diumumkan,” pungkasnya.

Terpisah, keunggulan paslon ZR diakui Ketua Tim Pemenangan rival terberat, yakni pasangan calon nomor urut 01, SHM-MAR, Mardani H. Maming yang legowo menerima hasil pilkada ini. Melalui tayangan video yang diposting di medsos, mantan bupati Tanah Bumbu periode 2010-2018 ini mengucapkan selamat atas keberhasilan ZR meraih suara terbanyak. (rizqon)

Editor : Akhmad

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top