Banjarmasin

Kubah Guru Zuhdi Direncakan Jadi Lokasi Wisata Religi

guru zuhdi

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Almarhum KH Ahmad Zuhdiannor atau yang lebih dikenal dengan Guru Zuhdi, merupakan sosok ulama yang sangat dikenal masyarakat Kalsel, Khususnya Banjarmasin.

Kharismatik dari Almarhum hingga sampai saat ini selalu di kenang oleh seluruh warga. Ulama besar kelahiran Alabio, 10 Februari 1972 itu sangat dikagumi oleh masyarakat luas.

Setelah meninggal dunia pada Mei 2020 silam, makam ulama kharismatik tersebut hingga sampai saat ini masih didatangi banyak jemaah.

Sebab itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Banjarmasin berencana mengangkat Kubah Guru Zuhdi menjadi salah satu destinasi wisata religi di Kota Seribu Sungai.

Namun, sebelum hal itu dilakukan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) akan melakukan koordinasi dengan pihak keluarga terlebih dahulu.

Kepala Disbudpar Kota Banjarmasin, Ihsan Al Haq mengatakan, bahwa sosok Guru Zuhdi memang menjadi ulama besar yang berasal dari tanah Banjar.

“Kami akan koordinasi dulu dengan pihak keluarga, terutama ahli waris beliau untuk bisa dijadikan sebagai destinasi wisata ziarah,” ujar Ikhsan Al Haq

Pihak Disbudpar menyiapkan apa saja yang diperlukan untuk menunjang pelaksanaan hal tersebut, namun hal itu masih harus menunggu persetujuan dari pihak keluarga almarhum.

“Kita harus minta izin dulu dengan pihak keluarga, jadi kalau diizinkan kota akan menyediakan fasilitas yang memungkinkan menjadi penunjang bagi peziarah,” jelasnya.

Seperti halnya Kubah Habib Hamid bin Abbas Bahasyim atau yang lebih dikenal dengan Habib Basirih.

“Seperti kubah Habib Basirih, kita sudah mendapat izin dari keluarga, makanya kita bangun musalla gazebo dan fasilitas penunjang lainnya, dan alhamdulilah itu sangat membantu seperti saat pelaksanaan haul kemarin,” pungkasnya.

Sementara itu, Sakinah yang merupakan salah satu jemaah yang sering berziarah ke makam Guru Zuhdi yang berada di Jalan Belakang Masjid Jami, Gang Jamaludin RT 5, Kelurahan Antasan Kecil Timur, Kecamatan Banjarmasin Utara itu mengaku sangat mendukung upaya yang dilakukan oleh Pemko Banjarmasin untuk memasukkan Kubah Guru Zuhdi sebagai destinasi wisata religi atau ziarah.

“Alhamdulillah, kalau memang ingin dijadikan wisata religi. Jadi kawasan yang ada di sekitar kubah beliau bisa lebih tertata,” pungkasnya. (fachrul)

Editor: David

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top