HSU

Kreatif, Warga Danau Panggang Bikin Wastafel dari Corong Plastik

AMUNTAI, klikkalsel.com – Gerakan melawan pandemi virus Corona (Covid-19) sampai ke pelosok desa, dengan mengantisipasi penyebaran melalui gerakan PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat) melalui cuci tangan pakai sabun.
Gerakan PHBS melalui cuci tangan pakai sabun langsung diaplikasi aparat Desa Baru Kecamantan Danau Panggang Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) dengn berinisiatif menyulap corong plastik menjadi sebuah wastafel yang dipasang di tiap-tiap rumah warga.
Sedikitnya 260 corong plastik, yang tiap corongnya diberi selang kurang lebih 1 meter dan pipa ledeng serta sabun dibagikan pada setiap rumah di 5 RT yang ada di Desa Baru.
Kepala Desa Baru Yannur mengatakan, pihaknya bersama BPD Desa Baru berinisiatif menyulap ratusan corong plastik menjadi wastafel di tiap rumah. Cara ini dinilai lebih ekonomis dibandingkan wastafel berbahan dari aluminium atau keramik yang terbilang mahal di pasaran.

“Supaya seluruh warga dapat menikmati fasilitas wastafel, kita gunakan itu (corong plastik), kalau yang terbuat dari alumunium terlalu mahal, mungkin cukup dibuat untuk 3 sampai 5 buah rumah per satu buah wastafelnya, kalau yang ini bisa dibuatkan setiap buah rumah,” ujarnya.
Ditambahkannya, terkait pembutan wastafel, hal ini merupakan tindak lanjut dari instruksi dan surat edaran Bupati HSU, Abdul Wahid HK, agar setiap desa dapat menyediakan tempat cuci tangan bagi warga di desa, khususnya di fasilitas-fasilitas umum.
“Pengeluaran dana untuk pembuatan corong plastik, pipa, keran, alat semprot disinfektan serta perlengkapan lainnya, hanya menghabiskan dana sekitar Rp36 juta untuk penyediaan 260 wastafel di setiap rumah di desa ini.
“Dirinya berharap hal ini dapat dipergunakan bagi tiap keluarga agar terlaksana PHBS di lingkungan rumah masing-masing,” tukasnya.(doni)
Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top