KPU Kalsel Usulkan Anggaran Pilkada 2020 Sebesar Rp150 Milyar

Ketua KPU Kalsel Sarmuji saat menerangkan terkait persiapan pilkada 2020. (foto : rizqon/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel- Pemilu 2019 telah berlalu, kini penyelenggara pemilu yakni KPU Kalsel kembali disibukkan dengan kesiapan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (pilkada) 2020 mendatang.

Pada tahapan awal ini, KPU Kalsel mengusulkan anggaran penyelenggaraan yang ditaksir hingga Rp150 miliar.

“Kita menganggarkan satu tahapan, karena pilkada saat ini satu tahapan. Jadi kita siapkan disitu, gugatan, pemungutan susulan, atau pemungutan lanjutan, kita siapkan 150 (miliyar) itu, kalau Bawaslu dan pengamanan lain,” ujar Ketua KPU Kalsel, Sarmuji kepada awak media, Selasa (11/6/2019).

Pelaksanaan satu putaran itu include dengan kesiapan lain. Misalnya, logistik pemilu seperti surat suara, alat peraga kampanye, sosialisasi, serta anggaran seandainya terjadi pemilu ulang dan lanjutan, karena persoalan dalam pelaksanaan berlangsung.

Sarmuji menambahkan, anggaran ditaksir Rp150 miliar tersebut belum final atau pasti. Sebelum adanya penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dari hasil rembuk eksekutif dan legislatif Pemerintah Provinsi Kalsel.

Selain itu, KPU Kalsel juga masih menunggu regulasi yang akan ditetapkan KPU RI, terkait pelaksanaan dan tahapan pilkada 2020.

“Kita belum memastikan pelaksanaan pilkada itu, apakah September atau tetap Desember seperti 2015 lalu. Kalau Desember maka Januari (2020), kita mulai tahapan. Setelah NPHD ditandatangani baru bisa kita mengerjakan,” ucap Sarmuji.

Untuk diketahui, pilkada serentak 2020 digelar se Indonesia, untuk di Kalimantan Selatan bakal menggelar pemilu gubernur Kalsel, pilwali Banjarmasin dan Banjarbaru, pilbup Kabupaten Banjar, Hulu Sungai Tengah, Balangan, Tanah Bumbu, dan Kotabaru.(rizqon)

Editor : Amran