Politik

KPU Kalsel Targetkan Pengadaan Logistik PSU Rampung Bulan Mei

BANJARMASIN, klikkalsel.com – KPU Kalsel Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengejar tahapan proses penyelenggaraan Pemungutan Suara Ulang (PSU) yang rencananya akan digelar 9 Juni 2021. Persiapan penting selain rekrutmen petugas Adhoc, yakni ialah pengadaan logistik. Dari tahapannya, KPU mengestimasi pengadaan maksimal rampung pada 27 Mei 2021.

Bakal ada tiga tahapan jadwal yang dilakukan KPU Kalsel dalam pelaksanaan PSU berdasarkan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK). PSU dipastikan akan digelar pada 9 Juni mendatang. April ini, KPU Kalsel sedang fokus perekrutan Panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan kelompok penyelenggara pemungutan (KPPS) untuk pelaksanaan PSU di 7 kecamatan.

7 kecamatan tersebut adalah Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin, Kecamatan Sambung Makmur, Kecamatan Aluh-Aluh, Kecamatan Martapura, Kecamatan Mataraman, dan Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar dan Kecamatan Binuang Kabupaten Tapin

Selain itu, hal penting lain yang juga disiapkan ialah ketersedian logistik PSU. Ketua KPU Kalsel Sarmuji mengatakan, penyediaan logistik pemilihan tengah dipersiapkan dan pihaknya mengestimasi jadwal maksimal 27 Mei 2021 sudah tuntas dan tersedia.

“Saat ini sedang survei harga, kita sudah dapat harga perkiraan sementara atau HPS. Kita perkirakan 27 Mei nanti sudah siap, kemudian proses distribusi ke TPS tanggal 8 Juni,” ujarnya kepada awak media, Senin (5/4/2021).

Sementara itu, Tahapan jadwal PSU lainnya adalah pelaksanaan pungut hitung pada 9 Juni, dilanjutkan proses rekapitulasi hasil suara berjenjang dari TPS hingga ke tingkat kabupaten dan provinsi.

Sarmuji memperjelas, pada masa menuju PSU tidak ada masa kampanye bagi Paslon. Jika didapati dugaan pelanggaran, tentu akan menjadi ranah Bawaslu dalam mengawasi proses pemilihan. (rizqon)

Editor: Abadi

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top