KPU Banjarmasin Sediakan 9.395 Kotak Suara Berbahan Kardus

Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sumarto berbincang dengan Ketua KPU Banjarmasin Khairunizzan, saat meninjau kesiapan logistik Pemilu di KPU Banjarmasin. (foto : dok/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel- Bertambahnya jumlah pemilih dan sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP2) sejumlah 300 orang dalam tiap satu Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Penambahan DPT tersebut mengakibatkan lokasi TPS bertambah banyak, tak terkecuali di Banjarmasin. Sehingga logistik Pemilu yang disediakan KPU Banjarmasin ikut bertambah, termasuk jumlah kotak suara.

Ketua KPU Banjarmasin Khairunizzan mengatakan, ketentuan jumlah pemilih tiap TPS paling banyak 300 pemilih, maka jumlah lokasi penyaluran hak suara di Banjarmasin dari 1.122 TPS bergeser menjadi 1.879 TPS, atau bertambah 757 TPS.

Kotak suara yang disiapkan KPU Banjarmasin untuk Pemilu 2019 ditiap TPS adalah sebanyak lima kotak suara, masing-masing DPRD Kota, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD dan untuk Pilpres.

“Jadi jika dikalkulasikan dengan jumlah TPS tersebut, maka KPU Banjarmasin menyediakan sebanyak 9.395 kotak suara,” ujarnya, kepada klikkalsel.com.

Saat ini kotak suara yang diadakan KPU RI tersebut sudah didrop dan ada di gudang KPU Banjarmasin.

Menurutnya, kotak suara bersama sekitar 20 berkas logistik Pemilu, seperti DPT, undangan pemilih dan formulir lainnya itu, akan didistribusikan sebelum masa tenang, atau seminggu sebelum waktu pemilihan 17 April 2019.

Logistik Pemilu untuk Pilpres dan Pileg itu akan didrop di lima kantor kecamatan Banjarmasin. “Kemudian sehari sebelum pemilihan, logistik Pemilu termasuk kotak suara sudah harus ada disemua TPS,” jelasnya.

Namun, kata dia, saat kotak suara yang didalamnya berisi berkas logistik Pemilu lainnya tersebut tiba di kantor kecamatan, ada sedikit permasalahan.

Sebab, kantor kecamatan tidak memiliki gudang yang refresentatif untuk menyimpan kotak suara itu sebelum dibagikan ke tiap TPS.

“Untuk masalah ini akan disiapkan dana sewa tempat yang dijadikan gudang sementara penumpukan kotak suara, namun sebelumnya akan dikaji dulu anggarannya,” tuturnya.

Disinggung soal kelayakan kotak suara yang berbahan kardus tersebut? Khairunizzan menjamin kotak itu cukup kuat. Selain ada bagian transparan, kelebihan lain dari kotak itu adalah ringan.(farid)

Editor : Alfarabi