Banjarmasin

Korsleting Listrik, Alat AQSM di Depan Hutan Kota Rusak

BANJARMASIN, klikkalsel- Layar Indikator Indeks Standard Pencemaran Udara (ISPU) yang berada di depan Hutan Kota di Jalan Lambung Mangkurat terlihat sudah sudah beberapa bulan tidak berfungsi.

ISPU yang berfungsi menampilkan intensitas kadar pencemaran udara di Banjarmasin itu adalah merupakan milik Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Indonesia, sedangkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin hanya memiliki kewenangan untuk memantau dan melaporkan apabila terjadi kerusakan.

Kasi Pemantauan Kualitas Lingkungan DLH Kota Banjarmasin, Fitri, mengungkapkan bahwa Air Quality Monitoring System (AQMS) yang berada di depan Hutan Kota tersebut mengalami kerusakan sehingga tidak berfungsi lagi.

Namun ia menyampaikan untuk data dari ISPU tersebut semuanya tersimpan oleh DLH kota Banjarmasin.

“Display AQMS jembatan merdeka itu mati karna ada korsleting listrik saat hujan tapi untuk data ISPU nya ada smpai awal Juli,” ucapnya kepada klikkalsel.com.

Ia mengungkapkan bahwa untuk semua peralatan AQMS tersebut adalah milik KLHK sehingga apapun masalah terkait AQMS merupakan kewenangan KLHK.

“Untuk maintance atau perawatannya dilakukan KLHK karena semua peralatan AQSM tersebut milik KLHK, DLH Kota Banjarmasin hanya mengontrol dan melaporkan kalau ada kerusakan atau masalah ke KLHK,” tuturnya.

Terkait kerusakan tersebut, Fitri menyampaikan bahwa DLH Kota Banjarmasin sudah melaporkannya ke KLHK, namun dikarenakan ini merupakan jadwal maintance AQSM seluruh Indonesia, makan untuk perbaikan di Kota Banjarmasin masih menunggu.

“Kami sudah melaporkan dan sudah ditindak lanjuti oleh KLHK mereka akan menjadwalkan, karena mereka juga lagi maintance diseluruh Indonesia,” pungkasnya.(fachrul)

Editor : Amran

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Korsleting Listrik, Alat AQSM di Depan Hutan Kota Rusak - LOPE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top