Konsisten Dorong Prestasi Olahraga, Paman Birin dan Sukamta Diberi Award

Gubernur Kalsel menerima penghargaan Kategori Gubernur Peduli Olahraga yang diserahkan oleh Ketua Komite Olimpiade Indonesia, Erick Thohir. Istimewa

BANJARMASIN, klikkalsel – Atas dedikasinya mendorong peningkatan prestasi olahraga, dua kepala daerah di Kalimantan Selatan menerima award pada malam anugerah Golden Award 2019 yang digelar oleh Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI di Gedung Grahadi Surabaya, Jawa Timur, Jumat malam (8/9/2019).

Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor menerima penghargaan dengan Kategori Gubernur Peduli Olahraga yang diserahkan oleh Ketua Komite Olimpiade Indonesia, Erick Thohir.

Ketua Dewan Penasihat PWI Pusat yang juga Ketua Panitia HPN 2019, H Margiono dalam sambutannya menuturkan, apresiasi untuk tokoh peduli olahraga diberikan kepada mereka yang selama ini berperan aktif serta melakukan ikhtiar kuat untuk memajukan dunia olah raga.

“Penilaian dilakukan secara komprehensif dan objektif melalui observasi dan data- data riil tentang kiprah nyata para penerima anugerah Golden Award 2019,” katanya.

Paman Birin saapan akrab Gubernur Kalsel yang ditemui usai menerima award tersebut mengatakan, penghargaan nasional di bidang olahraga ini adalah prestasi bersama terutama mereka yang selama ini berjasa bagi kemajuan olahraga seperti organisasi keolahragaan dan segenap komponen masyarakat termasuk insan pers di Kalsel.

“Pemerintah Provinsi Kalsel akan terus mendorong bagi upaya kemajuan dan peningkatan prestasi olahraga di daerah,” ujarnya.

Selain Gubernur Kalsel, tujuh gubernur lainnya di Indonesia, juga meraih award serupa. Mereka adalah Gubernur Sumatera Utara, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kepulauan Riau, Kalimantan Utara dan Papua.

Sementara itu Bupati Tanah Laut, H Sukamta juga termasuk dalam 20 orang penerima award, menyisihkan 520 nama walikota/bupati se-Indonesia yang juga masuk dalam daftar penilaian.

Bupati Tanah Laut, H Sukamta juga termasuk dalam 20 orang penerima award, menyisihkan 520 nama walikota/bupati se-Indonesia. Istimewa

Ia dianugerahi Walikota/Bupati Peduli Olahraga yang penghargaannya diserahkan oleh Ketua PWI Pusat, H Atal Sembiring Depari.

Sementara Ketua PWI Provinsi Kalimatan Selatan, Zainal Helmie mengatakan sangat bangga dengan prestasi dua kepala daerah ini.

Ia pun mengatakan, awalnya tak tahu jika sebenarnya kedua kepala daerah tersebut telah lama di pantau oleh SIWO Pusat dalam kiprahnya di dunia olahraga.

“Terpilihnya Paman Birin dan Pak Sukamta sebagai salah satu tokoh peduli olahraga adalah buah dari dedikasi nyata beliau-beliau atas konsistensi dan keteladanan nyata mendorong kebangkitan prestasi olahraga di Kalsel,” ujar Helmie.

Ia pun berharap jejak kedua kepala daerah ini dapat diikuti oleh para kepala daerah lainnya di Kalsel dalam memajukan olahraga di daerahnya masing-masing, baik itu olahraga umum maupun olahraga tradisional yang belakangan mulai bergeliat lagi. (david)

Editor : Farid