KONI Kalsel Klaim Pelatprov Wasaka Bawa Hasil Optimal Menuju PON

Kabid Prestasi KONI Kalsel, Gusti Perdana Kesuma.

BANJARMASIN, klikkalsel – Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) Kalimantan Selatan (Kalsel) mengklaim Pemusatan Latihan Provinsi (Pelatprov) ‘Wasaka’ berhasil mencapai persentase 95 persen.

Kepala Bidang (Kabid) Prestasi KONI Kalsel, Gusti Perdana Kesuma menyebutkan, hanya satu cabang olahraga (cabor) unggulan yang tak masuk Pelatprov.

Sejak 2017 lalu, KONI Kalsel menggeber Pelatprov Waja Sampai Kaputing (Wasaka) dinilai berhasil mengembangkan kualitas prestasi olahraga. Baru-baru ini, Kalsel berhasil meloloskan 20 cabor ke PON XX di provinsi Papua Tahun 2020.

Dari 20 cabor, 17 diantaranya merupakan cabor unggulan yang masuk dalam program Pelatprov Wasaka.

Penilaian tersebut, kata dia, berdasarkan hasil babak kualifikasi PON, yang meloloskan 17 cabang olahraga dari 18 cabor unggulan yang terdaftar dalam Pelatprov Wasaka.

Meski demikian, ketangguhan atlet Kalsel kembali akan dipertaruhkan pada medan sesungguhnya yakni PON XX di Papua 2020.

“Pelatprov Wasaka 95 persen meloloskan atlet, yang tidak lolos cuma binaraga. Jadi kalau ada yang bilang gagal itu ngomong harus pakai data,” tegasnya kepada awak media, belum lama tadi di Sekretariat KONI Kalsel, kawasan GOR Hasanuddin HM Jalan Pangeran Antasari.

Sementara itu, secara terpisah salah satu pengamat olahraga, Donny Achdiyat yang juga pengurus Cabor Dayung Kalsel menanggapi, jika program Pelatprov Wasaka ini dinilai belum maksimal.

Hal tersebut, dipantaunya dari jumlah atlet sebelum dan sesudah pagelaran Pra PON 2019 tadi yang menipis.

“Kalau berdasarkan kacamata saya hanya 75 persen. Kalau misal atlet 100, yang lolos 75 kan berarti gagal. Kalau Wasaka kan kemaren yang ditarget lulus semua,” tanggapnya.

Untuk diketahui, dalam waktu dekat Pelatprov Wasaka 2020 akan digeber masing-masing cabang olahraga lolos Pra PON, secara sentralisasi.

Berikut Cabor yang masuk dalam Pemusatan Latihan Wasaka diantaranya ; Gulat, Menembak, Biliar, Tinju, Kempo, Pencak silat, Karate, Wushu, Tenis lapangan, Tenis meja, Dayung, Loncat indah, Muay thai, Angkat besi, Renang, Bola basket, Taekwondo dan Panjat tebing. (rizqon)

Editor : Akhmad