Komunitas ‘Baharat’ Galang Dana untuk Palu

Sebelum menggalang dana, tampak anggota komunitas Baharat Pulau Laut Tengah menggelar doa bersama untuk para korban gempa dan tsunami. (foto : duki/klikkalsel)

KOTABARU, klikkalsel – Aksi solidaritas dan peduli untuk korban gempa dan tsunami di kota Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah terus bergulir di Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Bahkan, masyarakat di daerah berjuluk bumi Saijaan ini turun tangan dari berbagai kalangan, seperti pelajar, mahasiswa, kepolisian, TNI, serta organisasi kemanusiaan lainnya.

Tidak hanya itu, bentuk kepedulian terhadap sesama juga ditunjukkan oleh oleh salah satu komunitas dengan nama ‘Baharat’ di kecamatan Pulau Laut bagian tengah.

Selain anggotanya yang terjun langsung ke jalan, rumah ke rumah warga demi mengumpulkan dana demi meringankan korban dan tentunya masih dalam kondisi yang sangat memperihatinkan.

Aksi peduli kemanusiaan tersebut juga disambut dan didukung oleh sejumlah pemerintahan desa se kecamatan, termasuk para tokoh dan warga sekitar.

Betapa tidak, aksi yang digelar beberapa hari hingga Jumat (5/10/2018) berhasil terkumpul senilai jutaan rupiah yang selanjutnya akan disalurkan untuk korban.

“Aksi tersebut, bentuk kepedulian kepada sesama,” ujar pembina Komunitas Baharat, yang juga Kapolsek Pulau Laut Tengah, H Pato, didampingi Kanit Intel, Brigadir Tri Jumariono, yang juga sebagai penggerak paguyuban anti radikal dan terorisme.

Menurut Tri, setelah melihat adanya korban gempa dan tsunami di media, anggota komunitas Baharat merespon dan langsung bergerak dan turun tangan menggalang donasi.

“Ini aksi spontan. Tidak ada rapat dan sebagainya. Kami hanya mengabarkan dari mulut ke mulut. Berkat kerjasama yang baik, semua anggota, aparatur desa, dan masyarakat semua mendukung kami. Semoga bantuan ini dapat meringankan beban saudara kita di Palu, Donggala dan sekitaranya,” harapnya.

Salah seorang anggota Baharat, Awaludin, didampingi Kamberan,, mengapresiasi kepada seluruh masyarakat di Pulau Laut Tengah yang telah mengulurkan bantuan untuk korban gempa. Terlebih, kepada para anggota komunitas Baharat sebagai penggeraknya.

“Tentu kami bangga dengan masyarakat sana. Semua kompak. Mereka membantu dengan ikhlas. Semoga semua menjadi amal baik, dan nanti dana sebesar Rp7.816.000 akan segera disalurkan untuk mereka yang saat ini dalam suasana duka,” ujar Awaludin. (duki)

Editor : Farid

Komentar Facebook