Banjarmasin

KNPI Banjarmasin Dirikan Dapur Umum di Gambut

MARTAPURA, klikkalsel.com – Musibah banjir yang melanda sejumlah daerah di Kalimantan Selatan (Kalsel), mendorong sejumlah kalangan bahu-membahu dalam penanganan korban. Seperti yang dilakukan KNPI Kota Banjarmasin dengan mendirikan posko dapur umum untuk warga Kecamatan Gambut dan sekitarnya.

Posko ini didirikan KNPI Kota Banjarmasin bekerjasama dengan warga Gambut berlokasi di Jalan Ahmad Yani KM 14, 5 berjarak 50 meter dari tempat pengungsian. Lokasi posko tepat di tepi jalan sengaja dipilih guna mempermudah pendistribusian bantuan.

“Jadi banyak warga Gambut yang rumah terendam air setinggi sampai pinggang. Warga di sana tak bisa memasak apalagi tinggal di rumah,” ujar Ketua Umum KNPI Kota Banjarmasin, Imam Satria Jati, Kamis (14/1/2021) malam.

Ada dua tempat yang dijadikan tempat mengungsi untuk warga Gambut dan sekitarnya, yaitu Gedung Pemuda dan Aula Kecamatan Gambut berjarak sekitar 50 meter dari Posko Dapur Umum yang bersiaga 24 jam.

“Yang mengungsi hampir 100 jiwa lebih, itu terdiri para lansia dan anak-anak. Di sana ada juga dari warga Kecamatan Kurau yang mengungsi sudah dua hari,” sebut Imam.

Ia menerangkan, bantuan yang sangat diperlukan diantaranya selimut, makanan dan obat-obat. Kendati demikian, Imam berharap kerjasama seluruh kalangan bahu-membahu membantu warga yang terdampak banjir.

“Kami dari KNPI Banjarmasin sudah urunan sudah ada mengumpulkan dana hampir sekitar Rp5 juta buat makanan dan beberapa bantuan dari para dermawan,” pungkasnya. (rizqon)

Editor : Akhmda

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top