Banjarmasin

Ketua PWI Kalsel Apresiasi Program Ramadhan YN’S Center Yang di Dalangi Haji Iyun

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Bulan Ramadhan yang penuh berkah dimanfaatkan dengan baik oleh YN’S Center. Selama sebulan penuh, diadakan program Ramadhan yang melibatkan masyarakat dari lima kecamatan di Banjarmasin.

Program Ramadhan digelar di Gedung YN’S Center, Jl Perdagangan Komplek HKSN, Banjarmasin, mulai 1 Ramadhan hingga akhir atau jelang Idul Fitri. Di hari ke 7 Ramadhan ini YN’S Center melaksanakan kegiatan buka puasa dan tadarus bersama grup tadarus Masjid Qoriyah Thoyyibah dari Banjarmasin Utara.

Ketua YNS Center, Yuni Abdi Nur Sulaiman, mengatakan, Program Ramadhan bertujuan menggapai berkah dan silaturahmi Ramadhan.

“Alhamdulillah di hari ke 7 Ramadhan ini kita bisa bersilaturahmi lalu kita melaksanakan buka puasa, Shalat Magrib, Shalat Isya, Shalat Tarawih dan juga kita melaksanakan tadarus kemudian ditutup dengan khatam Al Quran,” terang Yuni.

Kegiatan harian diawali tausiyah jelang buka puasa. Kemudian buka puasa bersama yang dilanjutkan shalat Maghrib berjamaah hingga kemudian shalat Tarawih berjamaah.

Usai melakukan Tarawih selanjutnya dilanjutkan dengan tadarusan yang dilakukan oleh 15 santri secara bergiliran. Dimana masing-masing santri membaca Al Quran sebanyak dua juz, sehingga satu malam khatam Al Quran sebanyak 30 juz.

Putra ke enam dari tokoh Kalsel yakni Almarhum Abdussamad Sulaiman HB ini juga mengungkapkan bahwa kegiatan selama bulan suci Ramadhan ini terus dilakukan hingga menjelang 1 Syawal nanti.

“Ia kita melakukannya ini selama Ramadhan penuh, hingga menjelang lebaran nanti. Para santri yang bergantian membaca Al Quran ini juga bergantian di setiap Kelurahan dan Kecamatan yang ada di Banjarmasin,” ungkapnya.

Selain itu, disinggung dengan kegiatan lain yakni sahur bersama, Haji Iyun juga menjelaskan bahwa kegiatan sahur bersama itu juga akan dilaksanakan. Namun lantaran masih pandemi Covid-19 maka acara kegiatan sahur bersama tersebut dibatasi.

“Insyaa Allah, kalau tidak ada halangan kita juga melaksanakan sahur bersama. Tapi saat ini kita tau, bahwa sedang pandemi Covid-19, jadi kegiatannya kita batasi,” terangnya.

Sementara itu, Ketua PWI Provinsi Kalsel, Zainal Helmie, yang juga hadir dalam kegiatan tersebut mengapresiasi kegiatan Ramadhan yang di galang YN’S Center ini.

“YN’S ini kan baru saja didirikan tetapi manfaat dan kebaikannya sudah dirasakan beberapa Masyarakat, khususnya di Komplek saya,” terangnya.

Ia juga berharap dengan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh YN’S Center ini dapat terus membantu para warga Banjarmasin, terlebih di Kota Banjarmasin ini masih banyak warga yang kurang mampu.

“Tagline dari YN’S Center ini kan sudah jelas yaitu Bersama Berbuat Baik. Nah apa yang di lakukan oleh H Yuni Abdi Nur Sulaiman ini perlu di contoh oleh warga Banjarmasin yang mempunyai kemampuan lebih,” pungkasnya (tim liputan klikkalsel.com)

Editor : Akhmad

To Top