Pendidikan

Kepala SDN Murung Sari 5 Amuntai, Masuk Penerima Apresiasi Kemendikbud RI

SDN Murung Sari 5 Amuntai

AMUNTAI, klikkalsel.com – SDN Murung Sari 5 yang berada di Kelurahan Murung Sari, Kecamatan Amuntai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan, menjadi Pilot Project pelaksanaan sistem belajar mengajar tatap muka, ditengah pandemi Covid-19.

Pemerintah Kabupaten melalui Bupati HSU juga memberikan SK untuk bisa melakukan penerapan sistem belajar mengajar dengan tatap muka dan menerapkan protokol kesehatan.

Hal itu pula membawa Kepala SDN Murung Sari 5 Rina Emil Yana, dinyatakan masuk 5 besar pada Penerima Apresiasi Bagi Guru dan Kepala Sekolah Pendidikan Dasar tahun 2020 untuk Kategori Kepala Sekolah Dasar Inspiratif yang diadakan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar.

Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 1 sampai 20 November 2020 tersebut diselenggarakan secara daring, telah diikuti secara keseluruhan sebanyak 841 orang yang berasal dari 34 Provinsi dan 5 SILN (Sekolah Indonesia Luar Negeri), yang diseleksi menjadi 20 besar untuk masing-masing kategori.

“Saya merasa senang, karena kegiatan yang kami laksanakan mendapat apresiasi dari Kemendikbud. Dari total peserta itu, 20 orang finalis per kategori kemudian lanjut ke 5 besar perkategori. Alhamdulillah saya masuk 5 besar sebagai penerima penghargaan dari Kemendikbud tersebut, yang diumumkan pada Jumat pagi tadi,” terang Rina Emil Yana. Sabtu, (21/11/2020).

Adapun, bahan materi yang menjadi topik Kepala Sekolah berprestasi ini tentang pembelajaran tatap muka di tengah Pandemi Covid-19.

“Kunci utama melawan Covid-19 adalah dengan pengetahuan dan Edukasi tentang tanggap bencana sejak dini kepada siswa,” jelasnya.

Seleksi substansi dimulai sejak tanggal 1 sampai 10 November 2020 melalui daring/online, seleksi atas dokumen deskripsi diri dan portofolio meliputi kesesuaian konten dan dilakukan untuk peserta yang telah lolos seleksi administrasi.

“Diumumkan yang masuk Nominasi 20 besar setiap kategorinya pada Selasa 17 November. Kemudian, dilanjutkan dengan penilaian presentasi dan wawancara selama 3 hari dan Jumat tadi diumumkan peserta 5 besar yang berhasil sebagai Penerima Apresiasi Bagi Guru dan Kepala Sekolah Pendidikan Dasar Tahun 2020,” terangnya.

Tak lupa, Rina yang juga Ketua Bhayangkari Ranting Polsek Amuntai Kota, Polres HSU ini menuturkan sangat berterima kasih kepada Bupati HSU H. Abdul Wahid HK atas dukungannya dan semua instansi terkait.

“Terimakasih yang tak terhingga kepada seluruh Dewan Guru dan Staff di SDN Murung Sari 5 yang selama ini, menjadi ujung tombak pelaksanaan kegiatan ini,” tuturnya.

Kegiatan Apresiasi bagi Guru dan Kepala Sekolah Pendidikan Dasar diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2020 dengan tema “Membangkitkan semangat mewujudkan merdeka belajar”, untuk memberikan apresiasi terhadap kinerja atau karya Guru dan Kepala Sekolah Pendidikan Dasar yang telah mengembangkan profesi kependidikanya secara luar biasa dan telah berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, khususnya yang berkaitan dengan bidang pendidikan.

Adapun penerima apresiasi kategori Kepala SD Inspiratif : Rina Emilyana, S.Pd.Sd (SDN Murung Sari 5 Amuntai, HSU, Kalsel); Waluyo Iskak, S.Pd.MM (UPT SDN 380 Gresik, Jawa Timur); Hari Nuryanto, S.Or (SDB 4 Jrakah, Boyolali, Jawa Tengah); Siti Srah Endah, S.Pd (SDN Manyaran 1 Kediri, Jawa Timur) dan Budi Setiawan, S.Pd.I. M.Si (SDN 3 Beureuneum Pidie Aceh).

“Rencananya, penyerahan Apresiasi akan dilaksanakan di DKI Jakarta, sembari menunggu jadwal juga,” tukasnya.(doni)

Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top