HSU

Kementerian PUPR Berikan Bantuan Stimulan Bedah Rumah 12 Desa dari 4 Kecamatan di HSU

AMUNTAI, klikkalsel.com – Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mendapatkan kucuran Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan Bedah Rumah di tahun 2020, dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI.
Hal tersebut dikemukakan Plt. Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Disperkim LH) Kabupaten HSU Najeriansyah, saat Rapat Koordiansi Pelaksanaan Bantuan Swadaya Dana Alokasi Perumahan, di aula Disperkim LH Kabupaten HSU.
Dari informasinya, BSPS merupakan bantuan pemerintah dalam upaya membantu perumahan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), dalam meningkatkan kualitas rumah dan pembangunan rumah yang lebih layak.
BSPS memiliki dua kategori, yaitu, Peningkatan Kualitas Rumah Swadaya (PKRS) dan Pembangunan Rumah Baru Swadaya (PBRS).
“PKRS ditunjukkan untuk memperbaiki rumah yang tidak layak huni sedangkan PBRS untuk pembanguan rumah baru pengganti rumah rusak total,” ujarnya.
Lebih lanjut Najeriansyah menyampaikan, bantuan yang diluncurkan dari Pemerintah Pusat untuk Kabupaten HSU ada 12 Desa di 4 Kecamatan, dengan jumlah rumah yang di bedah 207 buah rumah.
“Untuk tahun 2020 ini, 4 Kecamatan tersebut yaitu Amuntai Tengah, Sungai Pandan, Amuntai Selatan dan Banjang,” jelasnya.
Adapun target sasaran yang dituju, tambahnya, adalah MBR dan tentunya rumah yang tidak layak huni, untuk program bantuannya yaitu bantuan PKRS dengan alokasi dana diberikan senilai Rp17,5 Juta/per tiap satu rumah.
Sedangkan penerima bantuan berdasarkan data Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) tahun 2019 di setiap desa, kemudian ditindaklanjuti dengan Pimpinan Daerah dan leading sektor terkait seperti Disperkim LH, untuk memverifikasi apakah benar berhak mendapatkan bantuan bedah rumah tersebut.
“Dengan kegiatan ini bisa mengentaskan dan membantu warga kita yang rumahnya bisa dikatakan tidak layak huni serta adanya program ini mereka bisa tinggal sesuai dengan syarat yang diperuntukkan sebagai sebuah rumah,” harapnya.
Sementara itu, Wakil Bupati HSU H. Husairi Abdi mengaku bebersyukur dengan adanya bantuan bedah rumah dari Pemerintah Pusat.
“Hal ini salah satu usaha Pemerintah memberikan kualitas rumah layak huni bagi masyarakat yang kurang mampu,” tuturnya.
Husairi berpesan kepada seluruh Kepala Desa dan Camat yang daerahnya mendapatkan bantuan bedah rumah untuk lebih proaktif memantau di lapangan, agar bantuan bedah rumah ini tepat sasaran kepada masyarakat yang benar benar-benar membutuhkan.
“Banyak atau sedikitpun bantuan yang didapatkan, kita manfaatkan sebaik mungkin untuk kemaslahatan masyarakat,” tukasnya.(doni)
Editor : Amran

block id 8627 site klikkalsel.com - PC/Mob
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top