Kementerian Pariwisata RI Petakan Potensi Wisata Petualangan Tirta di Kalsel

Salah satu Spot Wisata Tirta di Bali.(foto : Kintamani ID)

BANJARMASIN, klikkalsel – Kementerian Pariwisata bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel), melakukan pemetaan potensi wisata petualangan tirta atau wisata alam di Bumi Lambung Mangkurat.

Hal itu dilakukan, guna menjual pariwisata daerah ke kancah Internasional.

Pemetaan wisata air itu menyusul kondisi geografis Bumi Antasari yang dikenal mempunyai banyak sungai. Seperti Sungai Martapura yang terus menyambung, dan menghubungan ke Kabupaten Banjar hingga ke perbatasan perairan Sungai Barito.

Potensi alam dimiliki daerah ini menjadi bekal yang nantinya akan ditunjang dengan inovasi baik dari sisi tradisi, budaya, maupun petualangan.

“kita ingin hasil diskusi ini, spot mana yang kita jual dengan skala internasional. Misalnya arung jeram internasional, contoh ada kelas-kelasnya tingkat kesulitannya, memikat turis asing,” tutur Asdep Pengembangan Wisata Alam dan Buatan Kementerian pariwisata RI, Alexander Reyaan di sela Diskusi FDG Wisata Petualangan di Ballroom Hotel Aston, Gambut, Kabupaten Banjar, Kamis (21/11/2019).

Diskudi FGD Wisata Petualangan bersama Kementerian Parawisata RI yang membahas potensi spot wisata Tirta di Kalsel. (foto : rizqon/klikkalsel)

Kepala Dinas Pariwisata Kalsel, Dahnial Kifli mengapresiasi kedatangan Kementrian Pariwisata RI yang menilai potensi Kalsel banyak spot wisata petualangan. Menurutnya, saat ini Pemprov Kalsel tengah berupaya mendongkrak sejumlah spot wisata tersebut.

“Terapung wisata tirta ini ada juga buatan, ada lagi wisata bahari menyelam dan lain-lain di Kotabaru dan Tanah Bumbu. Kemudian di Kalua darah Hulu Sungai dari Sungai Amandit itu lah, nanti dipetakan,” tandasnya.

Saat ini spot wisata unggulan di Kalsel masih terpusat pada wisata tradisi seperti pasar terapung dan susur sungai saja. Sehingga perlu didongkrak dalam atau dibukanya wisata – wisata baru yang ada di Bumi Lambung Mangkurat. (rizqon)

Editor : Akhmad