Banjarmasin

Kementerian Agama Banjarmasin Tangkal Isuk Hoax Soal Pembatalan Keberagkatan Haji

BANJARMASIN,klikkalsel.com – Kementerian Agama Banjarmasin menangkal isu hoax yang beredar soal pembatalan keberangkatan haji tahun 2021M/1442H, mulai dari kesulitan keuangan haji, hutang ke Arab Saudi, minimnya lobi pemerintah serta penggunaan merk vaksin tertentu.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Kementerian Agama Banjarmasin H. Burhan Noor, memberikan klarifikasi bahwa semua informasi tersebut merupakan pembohongan publik atau Hoax.

“Saya tegaskan, bahwa semuanya itu sama sekali tidak benar,” katanya saat dikonfirmasi Sabtu (12/6/2021).

Ia meminta, seluruh keluarga besar Kemenag untuk bersama membantu Kemenag pusat dalam menepis berbagai informasi yang tidak benar dan bersama-sama mensosialisasikan informasi tentang pembatalan keberangkatan haji sebagaimana yang tertuang dalam Keputusan Menteri Agama (KMA) 660 Tahun 2021.

“Kemenag Banjarmasin melalui Seksi PHU berkomitmen akan terus mensosialisasikan KMA tersebut kepada masyarakat, dan mengklarifikasi berbagai isu negatif yang beredar dengan baik dan benar sesuai dengan fakta dan realita,” ucapnya.

Burhan juga mengharapkan, agar masyarakat terutama calon Jemaah haji Kota Banjarmasin untuk tidak mudah terpancing dan percaya dengan adanya isu provokatif atau berita hoaks tersebut yang menyebar melalui berita online dan media sosial serta berhati-hati dengan judul yang provokatif.

“Seiring perkembangan teknologi, begitu juga informasi yang beredar yang begitu dahsyat, pandailah mencari kebenarannya dan jangan langsung percaya terhadap satu pemberitaan,” katanya.

Ditambahkannya jika ada pemberitaan, para jemaah kalau bisa mencermatinya agar mengetahui kebenaran berita tersebut. Selain itu ujarnya, pemberitaan yang dilihat berasal dari situs mana.

“Jemaah harus mengetahui dari website atau pencantuman link. Dan Jemaah harus bijak dan cermat memverifikasi informasi yang diperoleh,” pungkasnya.(azka)

Editor : Amran

To Top