Kalsel

Kemensos RI Salurkan Bantuan Rehab 100 Rumah di Tabalong

TANJUNG, klikkalsel – Pemkab Tabalong menerima sejumlah bantuan sosial bagi warga kurang mampu dari Kementerian Sosial RI.

Bantuan diserahkan Direktur Penanganan Fakir Miskin Wilayah II Kemensos RI, I Wayan Wirawan dan diterima langsung Bupati Tabalong Anang Syakhfiani didampingi Plt Kepala Dinas Sosial Tabalong Yuhani di Pendopo Bersinar Pembataan Tanjung, Kamis (26/9/2019).

Plt Kepala Dinas Sosial Tabalong Yuhani mengatakan, jenis bantuan yang pihaknya terima langsung dari Kemensos RI yaitu, bantuan untuk Kelompok Usaha Bersama (Kube) senilai Rp800 juta, Rahabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RS-RTLH) senilai Rp1,5 miliar serta untuk Sarana Prasarana Lingkungan Penanganan Fakir Miskin di Desa Bilas Kecamatan Upau senilai Rp50 juta.

“Tahun ini kita menerima bantuan untuk rumah tidak layak huni sebanyak 100 buah, masing-masing Rp15 juta,” ungkap Yuhani.

Sementara untuk bantuan Kube, Yuhani mengatakan bantuan tersebut akan disalurkan kepada Kube Reguler sebanyak 40 penerima. Masing-masing dari mereka menerima bantuan senilai Rp20 juta untuk mengembangkan usahanya.

Selain itu juga diserahkan bantuan untuk Kube Perkotaan sebanyak 30 penerima yang bersumber dari dana dekon provinsi.

“Semua sama dari kementerian, tapi polanya beda. Kalau yang dari dekon melalui provinsi diturunkan ke Tabalong, sementara yang dari kementerian langsung masuk ke rekening kelompoknya, jadi tidak ada potongan satu persenpun,” terangnya.

Selanjutnya dalam kegiatan ini, bersumber dari APBD 2019 Pemkab Tabalong juga menyerahkan sebanyak 12 unit kendaraan roda dua untuk operasioal TKSK dan Koordinator PKH di masing-masing kecamatan.

“Kendaraan dinas ini diperuntukkan untuk TKSK dan Koordinator PKH agar mereka bisa bekerja lebih baik. Karna mereka kerjanya mobile ke desa-desa disatu kecamatan sehingga mereka perlu adanya support kendaraan,” pungkas Yuhani.(arif)

Editor : Amran

To Top