Kemenag Gandeng Baznas Kalsel Nikahkan Massal 50 Pasangan

Suasana Ijab qabul para memperpelai nikahan massal.(foto : syarif wamen/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel- Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kalsel menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kalsel dalam agenda nikahan massal di Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Sabtu (4/5/2019).

Ada 50 pasangan kekasih melakukan ijab qabul dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah.

Raut wajah bahagia terpancar dari para pasangan nikahan massal ini, kala panitia acara menyebutkan nama mereka satu persatu.

Suasana khidmat pun mewarnai prosesi acara yang turut dihadiri Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor. Selain itu, juga dihadiri Kepala Kanwil Kemenag Kalsel H Noor Fahmi, dan Ketua Baznas Kalsel Pangeran H Rusdi Effendi AR serta para hadirin.

Sebelum ijab qabul dimulai, panitia acara membacakan khutbah nikah sebagai pembekalan bagi pasangan yang menikah.

Kepala Kanwil Kemenag Kalsel H Noor Fahmi mengatakan nikahan massal ini bermaksud membantu bagi warga yang tekendala biaya penyelenggaraan, seperti dekorasi dan pakaian mempelai.

H Noor Fahmi menambahkan pihaknya juga langsung menyerahkan buku nikah dan kartu nikah kepada seluruh pasangan. Tak kalah penting, ia juga menjelaskan pelaksanaan nikahan massal tersebut, juga bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat agar terhindar dari pernikahan usia dini.

“50 pasangan berjumlah 100 orang, nikahan massal terdiri 25 pasangan kekasih dari Kota Banjarmasin, sisanya dari setiap kabupaten/kota. Petugas KUA sesetempat mencari para perserta dengan kategori kurang mampu untuk dibantu pelaksanaan. Nikahan Massal ini adalah pertama digelar di Kalsel,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Kalsel Pangeran H Rusdi Effendi AR mengatakan andil pihaknya dalam hal membantu dekorasi tempat, pakaian mempelai, dan mahar nikah. Atas pelaksanaan nihakan massal tersebut, Baznas juga turut merasakan kebahagian berbagi untuk sesama.

“Uang mahar 1 juta, kalau bantuan ini bantuan didukung Pemprov Kalsel, Bank Kalsel, Persatuan Rias Pengantin Harpi Melati Kalsel dan Yani Yongky Decoration,” ujar tokoh Banua Pangeran H Rusdi Effendi AR.

Selanjutnya, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor sangat pengapresiasi pelaksanaan nikahan massal tersebut. Dia berharap pelaksanaannya dapat menjadi agenda rutin setiap tahun di Kalsel.

“Tahun ini 50 pasangan, semoga tahun depan ada 100 pasangan. Semoga menjadi keluarga yang ruhuy rahayu tuntung pandang sakinah, mawaddah wa rahmah,” ucap Gubernur Kasel akrab disapa Paman Birin saat menyampaikan sambutan.(rizqon)

Editor : Amran