Banjarmasin

Kematian Kasus Covid-19 Rata-Rata Usia 45 Tahun Disertai dengan Komorbid

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Penyebaran Pandemi Covid-19 di Banjarmasin setiap hari terus meningkat tajam, hingga hari ini sudah terdata sebanyak 93 orang di Banjarmasin yang terkonfirmasi positif Covid-19.
Dari data 93 orang yang terkonfirmasi positif tersebut, 54 orang masih dalam perawatan, kemudian 16 diantaranya sudah dinyatakan sembuh, dan 23 lainnya meninggal dunia.
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Banjarmasin, Dr Machli Riyadi, menyampaikan, bahwa dari total sebanyak 23 yang meninggal tersebut, untuk usia terendah yang meninggal yakni pada usia 9 tahun dan yang tertinggi ada di usia 78 tahun.
“Kalau untuk rata-rata orang yang meninggal di Banjarmasin dari sebanyak 23 orang tersebut rata-rata usianya yaitu kisaran 40 tahun,” ucapnya.
Sementara itu, ia menambahkan bahwa dari kebanyakan orang yang meninggal dengan status terkonfirmasi positif memiliki penyakit bawaan yang menghambat proses penyembuhan Covid-19 tersebut.
“Yang meninggal itu rata-ratanya tadi kisaran 40 tahun dan juga disertai dengan komorbid atau penyakit penyerta seperti Diabetes, Kangker Paru, dan Hipertensi yang umumnya menjadi faktor penyulit dalam upaya penyembuhan,” jelasnya.
Sehingga ia meminta kepada media agar selalu memberikan edukasi kepada masyarakat, bahwa dalam upaya untuk memutus mata rantai Covid-19 di Banjarmasin ini garda terdepannya ialah masyarakat secara langsung.
Karena menurutnya, penularan tersebut terjadi pada masyarakat, sehingga masyarakatlah yang seharusnya menjadi garda terdepan dalam upaya memutus mata rantai penularan Covid-19 di Banjarmasin ini.
“Kalau di luar, yang menjadi garda terdepan adalah masyarakat, namun apabila sudah di rumah sakit, maka para petugas medislah yang menjadi garda terdepannya. Mengapa jadi masyarakat yang menjadi garda terdepan, karena upaya pemutusan mata rantai tersebut berada di masyarakat terlebih dahulu, caranya yaitu dengan tetap dirumah, selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat, dan hindari kerumunan masa,” tandasnya. (fachrul)
Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Popular

To Top