Kemajuan Batola Diapresiasi Gubernur Kalsel

Paman Birin memasang kuda-kuda kuntau, saat turun dari podium dan dihadang Julak Larau, Syukur dan Bajau Malela.(foto : rizqon/klikkalsel)

MARABAHAN, klikkalsel – Acara puncak peringatan Hari Jadi (Harjad) Kabupaten Barito Kuala (Batola) Ke 59 berlangsung meriah di halaman Kantor Dinas Bupati, Selasa (8/1/2019).

Kemeriahan Harjad Batola dilengkapi dengan aksi Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor yang memasang kuda-kuda dan jurus Kuntau ketika dihadang Mukhkis alias Julak Larau dan kawan-kawan, usai Paman Birin menyampaikan sambutan.

Mukhlis merupakan Seniman kondang Banua, dikenal dengan gelar Julak Larau, Sykur dan Muhammad Asrani sapaan akrab Bajau Malela, mereka mehadirkan warna tersendiri dalam puncak Harjad Barito Kuala, tampil sebagai pembawa acara tambahan dengan lawakan khas Banjar-Bakumpai.

Aksi kocak mereka pun mengundang canda tawa pejabat tamu undangan. Tak terkecuali, Gubernur Kalsel yang akrab sapa Paman Birin. Pasalnya, Paman Birin sempat terbawa suasana banyolan Julak Larau dan kawan-kawan.

Dalam pegelaran Puncak Hari Jadi Barito Kuala Ke 59, beragam penampilan memukau seni budaya khas Bumi Ije Jela (Selidah) juga disuguhkan kepada hadapan tamu undangan.

Antara lain Tarian Penyambutan Radap Rahayu yang para penarinya adalah perempuan mengenakan pakaian Adat Dayak Bakumpai dan Tarian Batamat dengan pakai adat banjar yang membuat para hadirin terpana. Serta nyanyian lagu daerah Barito Kuala bersajak bahasa Dayak Bakumpai berjudul Ulek Marabahan.

Penampilan Tarian Betamat. (foto : rizqon/klikkalsel)

Sementara itu, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor mengaku bangga dengan perkembangan Kabupaten Barito Kuala, khususnya dalam bidang pembangunan dan pelayanan publik.

Paman Birin juga mengapresiasi atas kerja nyata Bupati Batola, Hj Noormiliyani AS bersama wakilnya H Rahmadian Noor yang berkomitmen dengan Tagline “Membangun Desa Menata Kota Batola Setara”.

“Kata setera itu adalah bentuk pengamalan Pancasila, dari salah butirnya yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Sekarang dapat kita lihat, pembanguan insfraktruktur di pelosok telah dilakukan dan hasil sudah di nikmati masyarakat,” ungkap H Sahbirin Noor saat menyampaikan sambutan.

Pencapaian itu menurut Hj Noormiliyani terealisasi atas kerjasama seluruh lintas sektoral. Baik itu, dari tingkat kabupaten, provinsi dan pusat.

“Kami bersyukur terhadap realisasi kinerja Pemkab Batola Tahun 2018, mengingat selama kurun waktu penyelenggaraan pemerintahan Batola telah menapak, meniti dan bergerak maju mewujudkan tugas bersama dalam ruang kesempatan yang sama sehingga mampu merealisasikan karya terbaik bagi masyarakat,” terang Hj Noormiliyani.

Guna mempublikasikan pencapaian kinerja Pemkab Barito Kuala di momentun peringatakan Harjad Ke 59, sejumlah parade pembangunan diantaranya Taman Sari Bunga, Kuta Bamara, Jejangkit, dan Batola Setara turut disampaikan kepada Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor.

Bupati Barito Kuala Hj Noormiliyani dan Wakil Bupati H Rahmadian Noor memberikan piagam penghargaan kepada para camat berprestasi terkait kinerja di sejumlah bidang.(foto : rizqon/klikkalsel)

Juga hadir di Harjad Batola para anggota DPR dan DPD RI, kepala daerah se Kalsel atau yang mewakili beserta isteri, unsur Forkopimda, tokoh agama serta masyarakat dan berbagai lapisan masyarakat baik Provinsi maupun Batola.(rizqon)

Editor : Alfarabi