Kebakaran Komplek YUKA, Dinsos Kalsel Salurkan Bantuan Rp 91 Juta Lebih

Kepala Dinsos Prov Kalsel, Hj Siti Nuriyani (seragam putih) didampingi Kabid Jaminas Sosial & Perlindungan H Suryadi menyalurkan bantuan musibah kebakaran di Jalan Basirih Komplek YUKA, Gang 7 dan 10 Kelurahan Basirih Kecamatan Banjarmasin Barat. (foto: Dinsos Prov Kalsel untuk Klikakalsel.com)

BANJARMASIN, klikkalsel – Musibah kebakaran kembali melanda kota yang berjuluk Seribu Sungai. Kali ini terdata 17 rumah jadi arang, di Jalan Basirih Komplek Yuka, Gang 7 dan 10
Kelurahan Basirih Kecamatan Banjarmasin Barat, Rabu (7/8/2019).

Atas musibah tersebut, Dinas Sosial (Dinsos) Kalimantan Selatan (Kalsel) menyalurkan bantuan senilai Rp 91 juta dalam bentuk logistik.

Kepala Dinsos Kalsel, Hj Siti Nuryani bersama jajaran turun langsung meninjau lokasi musibah kebakaran di pemukiman padat penduduk tersebut, Rabu (7/8/2019), usai pemadaman.

Bersamaan dengan itu, Dinsos Kalsel menyerahkan bantuan kepada korban berupa sandang pangan pokok.

“Kebutuhan dasarnya kita lengkapi dengan makanan siap saji yang kaleng itu, kemudian kasur juga, ada paket peralatan dapur, ada selimut, ada familit kit juga, terpal, matras, tenda gulung,” jelas H Suryadi, Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial mewakili Kepala Dinsos Kalsel.

Selain itu, juga disalurkan bantuan kebutuhan anak-anak dan lanjut usia korban musibah kebakaran.

H Suryadi menambahkan total nominal bantuan keseluruhan senilai berkisar Rp 91 juta.

Selanjutnya, Dinas Sosial Kalsel berkomitmen mengawal proses tambahan bantuan musibah kebakaran yang menyebabkan 18 kepala keluarga dengan 72 jiwa kehilangan tempat tinggal.

Dalam hal ini, menunggu surat permohonan dari Dinas Sosial Banjarmasin.

“Rencana Dinas Sosial kota mau buka dapur umum, tapi kosong barang logistiknya. Nah memohon ke kita, kita tunggu suratnya lalu kita berikan untuk dapur umum. Jadi kita mengisi persediaannya,” kata H Suryadi kepada klikkalsel.com.

Kebakaran hebat tersebut terjadi Rabu dinihari sekira pukul 04.15 WITA. Api berkobar sekitar 30 menit, mengakibatkan 17 rumah konstruksi kayu hangus dan rata dengan tanah.

Tak ada korban jiwa dari musibah tersebut, namun kerugian ditaksir ratusan juta. Hingga saat ini belum diketahui penyebab pasti musibah kebakaran terjadi. (rizqon)

Editor : Farid