Banjarmasin

Kasat Lantas Banjarmasin Imbau Waspadai Penipuan Bermodus Jasa Pembuatan SIM

Waspadai Penipuan Bermodus Jasa Pembuatan SIM

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Anggapan proses pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) kendaraan bermotor sulit, membuat masyarakat mudah percaya dengan oknum yang mengaku bisa menerbitkannya dengan cara instan.

Bahkan untuk menggaet calon korban, beberapa diantaranya sampai membuka promosi jasa pengurusan SIM melalui akun media sosial.

Menanggapi hal tersebut Kasat Lantas Polresta Banjarmasin, AKP Gustaf Adolf Mamuaya memastikan bahwa proses pembuatan itu mudah dan cepat.

“Mudah dan cepat karena dalam prateknya kami menerapkan pelayanan prima bagi masyarakat. Selama semua uji dan persyaratan bisa dipenuhi, maka tidak akan ada masalah,” ujar Kasat kepada klikkalsel.com, Senin (23/11/2020).

Lebih jauh Kasat meminta masyarakat untuk mewaspadai oknum-oknum yang membuka jasa atau mengaku bisa menguruskan SIM secara instan tanpa perlu mengikuti tes yang telah ditentukan.

Apalagi ujarnya sampai pemohon SIM diminta terlebih dahulu mengirimkan sejumlah uang dengan berbagai alasan.

“Kalau ada yang ngaku bisa nguruskan SIM tanpa tes atau mengaku memiliki kenalan orang dalam. Kemungkinan besar itu penipuan, apalagi kalau korbannya diminta ngirimkan yang terlebih dahulu,” terang Kasat.

Selain itu Kasat mengingatkan, jika masyarakat senang menggunakan jasa calo atau oknum-oknum seperti itu, artinya masyarakat membuat subur praktek penipuan dan korupsi karena dipastikan itu hal yang tidak benar.

“Untuk itu saya imbau, jika masyarakat ingin membuat SIM silahkan datang saja ke Satpas atau Polres terdekat tanpa perantara. Semua prosesnya mudah dan bisa dipelajari serta akan dibantu dijelaskan oleh petugas yang ada,” imbau Kasat.(david)

Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top