Kapolda : Pengambilan Barang Bukti Hasil Curian Gratis

Kapolda Kalsel, Brigjen Pol Rachmat Mulyana, mempersilakan bagi korban pencurian untuk mengambil barang bukti.(foto : baha/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel– Ratusan sepeda motor dan mobil hasil kejahatan (pencurian) yang diamankan di Polda Kalsel, saat ini boleh diambil oleh pemiliknya secara gratis.

Kapolda Kalsel, Brigjen Pol Rachmat Mulyana, mempersilakan bagi korban pencurian untuk mengambil barang bukti.(foto : baha/klikkalsel)

Kapolda Kalsel, Brigjen Pol Rachmat Mulyana juga menyampaikan, agar pemilik kendaraan yang menjadi korban percurian motor dengan membawa bukti surat menyurat kendaraan tersebut.

“Bagi koraban pencurian, silahkan cek di Polda Kalsel, Polres atau Polsek yang menjadi barang bukti temuan dalam Operasi Jaran Intan 2018,” kata Kapolda di Banjarmasin, Kamis (8/2/2018)

Menurutnya, untuk proses pengambilan barang bukti tidak akan rumit. Cukup pemilik kendaraan menunjukkan bukti dokumen kepemilikan yang sah bahwa kendaraan tersebut miliknya.

“Seluruh anggota sudah saya ingatkan untuk tidak mempersulit proses penyerahan barang bukti, termasuk tidak meminta imbalan dalam bentuk apapun, pokoknya semua gratis, mudah dan cepat,” tegas Rachmat Mulyana.

Penyerahan barang bukti hasil curian dua buah mobil secara simbolis oleh Kapolda Kalsel juga dilaksanakan pada ekspose hasil Operasi Jaran di lapangan Mapolda Kalsel.

Didampingi Direktur Reserse Kriminal Umum, Kombes Pol Sofyan Hidayat dan jajaran, Kapolda mengaku ikut senang bisa berhasil mengembalikan kendaraan milik korban yang sebelumnya dicuri.

“Masyarakat agar lebih waspada lagi terhadap tindak pidana curanmor, termasuk modus penipuan dan penggelapan. Selain itu leasing atau perusahaan pembiayaan agar lebih selektif lagi terhadap proses rekrutmen karyawan yang ditugaskan sebagai penagihan atau penarikan kendaraan kredit macet,” imbuhnya.

Apalagi kata dia, saat ini masih marak modus penjualan mobil bodong yang dokumennya palsu. Sehingga ujarnya, harus dicek dulu ke polisi sebelum membeli atau menggadai

“Sebab, yang terjadi saat ini justru para oknum depkolektor yang bermain, kendaraannya diambil dari konsumen tapi dijual kembali ke penadah,” tandasnya.

Sementara itu dari rilis hasil curian diketahui sepeda motor sebanyak 191 buha dan mobil 22 buah dengan jumlah tersangka yang berhasil ditangkap sebanyak 115 orang.(baha)

Editor : Amran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.