Kapolda Kalsel Turun Tangan Atasi Karhutla

(Foto : Polda Kalsel untuk klikkalsel.com)

BANJARMASIN, klikkalsel – Kejadian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) menjadi perhatian serius Presiden RI H Joko Widodo atau disapa Jokowi. Bahkan ia memberikan perintah tegas dan strategis dalam penanganan Karhutla serta bencana asap, dengan menuntut peningkatan kesiapsiagaan pemerintah, TNI/Polri dengan melakukan patroli pencegahan lebih intensif di wilayah-wilayah rawan.

Dapat intruksi itu, Kapolda Irjen Pol Yazid Fanani bersama jajaran Polda Kalsel, Kapolres Banjarbaru serta Kepala Dinas Kehutanan Kalsel melakukan pengecekan normalisasi sungai saluran pembuangan embung di Jalan Guntung Damar Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru, kemudian dilanjutkan pengecekan titik api, pada Rabu (18/9/2019).

Menurut dia, Yazid Fanani pengecekan tersebut untuk mencari solusi terbaik dalam penanggulangan Karhutla. Sebab, Karhutla di Kalsel semakin meningkat.
Menurutnya, pihaknya ingin belajar terhadap penanganan kasus Karhutla 2015 silam, di mana pemerintah bertindak cepat dalam menangani krisis bencana asap dan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Bagi dia, hal itu merupakan salah satu solusi dalam menangani permasalahan Karhutla di wilayah Kalsel dan sebagai bentuk keseriusan Polda Kalsel dengan seluruh pihak khususnya TNI dan pemerintah daerah.

“Untuk itu harus ada kerjasama yang baik dan berkesinambungan agar akar permaslahan yang dihadapi bersama ini bisa dituntaskan dengan baik,” ujar dia.

Dikatakannya, kebakaran menjadi fenomena yang tidak ada habisnya namun yang harus disadari adalah bahwa sesuatu tidak akan terbakar kecuali ada oknum yang memicunya.

“Suhu musim kemarau kali ini lebih panas dari kemarau sebelumnya berdasarkan prediksi dari BMKG dan mungkin Karhutla akan meningkat,” imbuhnya.

Oleh karena itu Tim Satgas Karhutla Kalsel diharapkan bisa mengurangi ancaman yang ada dan melakukan pencegahan bersama TNI, Polri, dan BPBD, serta masyarakat.(nuha)

Editor : Farid