Banjarmasin

Kapolda Kalsel Instruksikan Personil Evakuasi Korban Banjir

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Banjir yang melanda sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan (Kalsel) terus meluas. Saat ini telah terdata empat kabupaten yang dilanda banjir cukup parah dengan ketinggian air mencapai 2 meter.

Mulanya Banjir melanda Kabupaten Banjar, Tanah Laut dan Kota Banjarbaru. Kamis (14/01/2021) banjir juga melanda Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

“Ketinggian air di lokasi banjir, mulai dari satu hingga dua meter,” ujar Kapolda Kalsel, Irjend Pol Rikwanto.

Untuk membantu korban banjir, jenderal polisi bintang dua ini menginstruksikan personil jajarannya. Termasuk dari jajaran Direktorat Polair Polda Kalsel yang mengerahkan perahu karet dan peralatan lainnya.

Jajarannya satuan wilayah yang mengalami banjir juga dikerahkan. Personil secara bergantian mendatangi lokasi banjir untuk membantu masyarakat.

“Prinsipnya, Polri siap membantu masyarakat. Fokus utamanya untuk saat ini adalah mengevakuasi para korban yang terjebak banjir. Khususnya lansia dan anak – anak,” tegas Rikwanto.

Selain membantu proses evakuasi, anggota kepolisian bersama petugas lainnya juga membantu menyalurkan bantuan pangan. Kendati aat ini, korban banjir sangat membutuhkan makanan.

Selanjutnya, menurut Rikwanto, polisi akan berkoordinasi dengan berbagai pihak lainnya diantaranya TNI, BPBD, Basarnas, Dinas Sosial serta Relawan Gabungan untuk penanganan korban banjir dan penanganan wilayah terdampak.

“Dan juga kita mendirikan posko kesehatan, untuk mereka yang ada gejala sakit dalam kaitan Banjir,” pungkasnya. (rizqon)

Editor : Akhmad

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top