Indek Berita

Kapolda Kalsel dan Danrem 101/Antasari Konsolidasikan Stabilisasi Pengamanan Terkait Perkembangan Situasi Terkini

Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta bersama Danrem 101/Antasari Brigjend TNI Firmansyah. (foto:istimewa)
BANJARMASIN, klikkasel.com – Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Kapolda Kalsel) Irjen Pol Nico Afinta, menyambangi Korem 101/Antasari, Selasa (7/7/2020).
Kedatangan jenderal polisi bintang dua tersebut bersama Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Kalsel, membahas stabilisasi pengamanan beberapa isu diantaranya Pandemi Covid-19, Pilkada dan Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP).
Silaturahmi dan komunikasi antar Forkopimda Kalsel ini berlangsung di Markas Korem/101 Antasari Banjarmasin. Pertemuan ini dihadiri Asisten I Provinsi Kalsel, Kajati Provinsi Kalsel, Plt Ketua BPBD Provinsi Kalsel, Danrem 101/Antasari, Danlanal Banjarmasin dan Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Provinsi Kalsel.
Stabilitas Kamtibmas di tengah situasi pandemi Covid-19 menjadi perhatian serius unsur aparat keamanan. Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta pun mengapresiasi upaya bersama TNI-Polri dalam penanganan Covid-19.
Di antaranya, pendirian dapur bersama untuk santunan warga tidak mampu juga penyaluran sembako kepada masyarakat. Kapolda berharap, soliditas itu tetap terjaga dan dapat ditingkatkan termasuk dalam hal pengawalan dana penanganan Covid-19.
“Pengawasan dan pengawalan Bansos kepada masyarakat terus kita tingkatkan sehingga penyalurannya bisa tepat sasaran,” ujarnya.
Alumni Akpol 1992 ini menambahkan, TNI-Polri merupakan instrumen negara yang dikedepankan dalam berbagai tugas negara. Pengamanan penyelenggaraan event. Maupun penanganan bencana alam atau non bencana alam seperti penanganan Covid-19.
‘’Sehingga sangat dibutuhkan soliditas dari level atas sampai di tingkat bawah,’’ ujar Kapolda Kalsel.
Sementara itu, Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah menuturkan, kegiatan yang dilaksanakan kali ini sebagai sarana silaturahmi untuk membahas berbagai isu yang saat ini sedang berkembang. Di antaranya ; Penanganan Covid-19, Karhutla, Pilkada Serentak 2020, RUU HIP, dan lainnya yang dapat mengancam kondusifitas.
“Mari kita saling bertukar informasi dan saling mengisi untuk mencari solusi terhadap berbagai isu yang sedang berkembang saat ini, serta saling membangun sinergitas untuk membangun bangsa,” tegasnya.
Di sela pertemuan, juga dilakukan penyaluran bansos di tengah situasi Covid-19. (foto:istimewa)

Di sela pertemuan, juga dilakukan penyaluran bansos di tengah situasi Covid-19. (foto:istimewa)

Sementar itu, Gubernur Kalsel, H Sahbirin yang diwakilkan Asisten 1 Bidang Pemerintahan H Sugian Noorbah, mengapresiasi penuh sinergitas TNI dan Polri yang telah mendukung Pemerintah Daerah dalam penanganan Covid-19.
Menurutnya, pandemi Covid-19 apabila tidak ditangani serius seluruh pihak akan menimbulkan masalah ekonomi yang berimbas terhadap Kamtibmas.
Ia pun mengingatkan kasus Covid-19 di Kalsel bukan hanya menjadi masalah kesehatan tetapi juga menjadi kendala dalam pelaksanaan Pilkada serentak yang dijadwalkan pada 9 Desember nanti. Kendati demikian diperlukan persiapan yang matang dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.
Pun demikian, pemerintah dalam pelaksanaannya tetap membutuhkan dukungan penuh dari TNI dan Polri sehingga bisa berjalan dengan baik, lancar, aman dan damai.(rizqon)
Editor : Amran

block id 8627 site klikkalsel.com - PC/Mob
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top