Kalsel Tuan Rumah PON 2024, Asalkan…

Lambang PON
Lambang PON

BANJARMASIN, klikkalsel – Setelah Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 nanti, di Papua. Giliran Kalimantan Selatan (Kalsel) yang menjadi tuan rumah even nasional empat tahunan tersebut, pada 2024 mendatang.

Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel sudah mendaftar secara resmi ke KONI Pusat di Jakarta, Rabu, 29 September 2017 lalu.

“Iya benar, Kalsel mendaftar di hari terakhir pendaftaran tuan rumah PON,” ucap Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel Zakly Asswan Helmi, Minggu (2/12/2017).

Menurutnya, Kalsel sudah memenuhi persyaratan administrasi dan sudah menyerahkan uang pendaftaran Rp1 miliiar.

Verifikasi dan penilaian kesiapan menjadi tuan rumah dilaksanakan dua bulan lagi, atau Februari 2018 akan datang. “Ada 15 item nantinya di verifikasi oleh panitia PON,” tuturnya.

Guna meyakinkan KONI pusat, pihaknya akan memproyeksikan kesiapan Kalsel sekaligus meminta rekomendasi dukungan pelaksanaan PON di Kalsel dari provinsi lain.

Sebab, Kalsel harus bersaing dengan provinisi Aceh dan Sumatera Utara yang juga mengajukan diri sebagai tuan rumah bersama pelaksanaan PON 2024, di Koni Pusat Jakarta pada hari yang sama.

Malahan, pesaing Kalsel tersebut menyerahkan uang jaminan Rp5 miliar disamping uang pendaftaran Rp1miliar.

Walau begitu, penentuan tuan rumah PON ada ditangan Presiden RI Joko Widodo. Mengingat, cuma ada dua pemohon yang mendaftar untuk tuan rumah PON.

Jadi, Kalsel bisa menjadi tuan rumah PON 2024 asalkan ditunjuk dan dipilih Presiden RI Jokowi. (syarif wamen)

Editor : Farid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.