Kalsel Dapat Bantuan 160 Unit Alsintan

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menjanjikan 160 unit alat pertanian untuk membantu Kalsel. (foto : baha/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel– Guna mendukung pertanian di Indonesia, pemerintah pusat gencar memberikan bantuan berupa alat dan mesin pertanian (alsintan) secara gratis ke sejumlah daerah. Tujuannya tidak lain adalah membantu meningkatkan produksi pertanian.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menjanjikan 160 unit alat pertanian untuk membantu Kalsel. (foto : baha/klikkalsel)

Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia (RI) Andi Amran Sulaiman yang berkunjung ke Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) siap mendatangkan alsintan sebanyak 160 unit berupa excavator besar 40 unit, traktor roda empat 20 unit, pompa air 100 unit dan combaine 20 unit.

Kali ini, Kalsel mendapat jatah alsintah yang nantinya akan diserahkan pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian RI kepada Dinas Pertanian Kalsel. Alsintan nantinya akan disebar ke kabupaten/kota yang membutuhkan.

“Insyaallah dalam waktu dekat, apa yang saya janjikan itu akan dikirim semua, paling lambat satu bulan dari sekarang,” tutur Amran di Novotel Banjarbaru, Rabu (15/11/2017).

Menurutnya, excavator akan dikirim pada bulan Januari 2018, karena peralatan itu penting untuk memproduktifkan perkembangan rawa, apabila rawa diproduktifkan maka kata dia, hasilnya bisa mencapai 3 Triliun/tahun, itu di luar pendapatan sampingan.

Sementara itu, Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, menyampaikan dengan bantuan alat pertanian tersebut maka akan membantu program menghancurkan kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan khusunya di Kalsel.

Bahkan, orang nomor satu diprovinsi Kalsel ini sependapat dengan Amran untuk meningkatkan potensi pertanian di Kalsel, karena kata dia, pertanian di Kalsel merupakan ujung tombak untuk mensejahterakan rakyat.(baha)

Editor : Amran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.