Kalsel Cegah Meluasnya Karthula Jelang Asian Games 2018

Kepala Badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Kalsel, Wahyuddin.(foto : dok/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel– Pulau Kalimantan yang menjadi langganan terjadinya kebakaran lahan dan hutan (Karhutla) yang menyebabkan munculnya asap diharapkan tidak mengganggu Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang pada bulan depan.

Sampai saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel sudah mencatat 180 kejadian yang berhubungan dengan Karhutla.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel, Wahyuddin mengatakan titik asap yang berada di provinsi Kalsel dikhawatirkan bisa menganggu jalannya pembukaan pesta olahraga terbesar di banua Asia tersebut.

“Dari 180 kejadian itu ada 591,5 hektar lahan yang terbakar. Makanya kita mengantisipasi kebakaran lebih parah sebelum pembukaan Asian Games nanti,” tutur Wahyuddin, saat ditemui di acara pesta rakyat ulang tahun provinsi Kalsel, di eks Kantor Gubernur Banjarmasin, Kamis (9/8/2018).

Antisipasi kebarakan lahan yang lebih luas tersebut juga dinilai WahyuddinĀ untukĀ mendukung jalannya perhelatan akbar 5 tahunan sekali tersebut.

Dia juga mengusulkan ke BNPD pusat untuk meminjam sembilan unit helikopter untuk menanggulangi bencana kebakaran lahan di Kalsel.

“Kita cukup kewalahan, makanya kami mengusulkan pinjam helikopter ke pusat,” katanya. (baha)

Editor : Amran