Berita Utama

Kadis Koperasi dan UKM Tabalong Sebut Rentenir Berkedok Koperasi Tidak Memiliki Izin Operasi

TANJUNG, klikkalsel – Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Tabalong, Muhammad Faisal sebut aktifitas rentenir berkedok koperasi simpan pinjam (KSP) yang marak di Kabupaten Tabalong adalah koperasi yang selama ini tidak memiliki izin operasional.

Hal itu diungkapkannya saat menggelar sukuran peringatan Hari Koperasi ke – 72 dan peringatan Hari UMKM ke – 13 di Kantor Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Tabalong, Jalan Jaksa Agung Suprapto No 74, Tanjung, Senin (19/8/2019)

“Sebetulnya yang namanya reintenir itu kebanyakan atas nama pribadi masing – masing. Kalaupun ada yang namanya koperasi yang operasional di tempat kita, secara legal jelas tidak ada izin dari kita,” ungkapnya kepada awak media.

Menurut Faisal, kalaupun para rentenir berkeinginan mengajukan izin koperasi ke pihaknya, harus sesuai dengan ketentuan dan persyaratan sesuai dengan Permenkop Nomor 2 tahun 2019.

Namun seandainya ada salah satu persyaratan yang tidak dapat dipenuhi oleh para rentenir maka pengajuan tersebut secara otomotis akan ditolak.

Selain itu dirinya menilai, selama ini yang menjadi kesulitan para rentenir dalam mengurus perizinan adalah mereka tidak mampu memberikan laporan kalau mereka sudah memberikan pelayanan minimal terhadap 20 orang anggotanya

“Sekarang yang dilayanikan orang lain berarti itu bukan koperasi. Kalau koperasi pasti yang dilayani anggota,” tegasnya. (arif)

Editor : Farid

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Kadis Koperasi dan UKM Tabalong Sebut Rentenir Berkedok Koperasi Tidak Memiliki Izin Operasi - LOPE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top