Kabar Baik! Sudah Tak Ada Lagi Pasien Covid-19 di RSUD Ulin Banjarmasin

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Kabar menggembirakan datang dari RSUD Ulin Banjarmasin. Di Rumah sakit rujukan utama itu sudah tak pasien Covid-19 dirawat. Hal itu setelah pasien laki-laki berusia 60 tahun dinyatakan sehat dan diperbolehkan pulang, Selasa (13/10/2021) sore.

Padahal akhir Juli lalu, di saat kasus Covid-19 meledak, RSUD Ulin Banjarmasin sempat kewalahan hingga menambah ruang perawatan, bahkan mendirikan tenda besar di halaman rumah sakit. Belum lagi, saat itu Kalsel dilanda keterbatasan stok oksigen.

Wakil Direktur Medik dan Keperawatan RSUD Ulin, Yuddy Riswandi bersyukur saat ini sudah tidak ada lagi pasien Covid-19 dirawat.

Baca juga: Kemenag Kalsel Koordinasi Persiapan Umrah

“Alhamdulillah ini yang petama kali kami tak merawat pasien Covid-19 sejak awal pandemi,” tuturnya.

Sejak 4 Oktober lalu, RSUD Ulin Banjarmasin tidak ada kedatangan pasien Covid-19 baru. Pihak rumah sakit hanya melayani dan menyelesaikan perawatan 10 pasien.

“Selain tak mengalami penambahan. Pada 7 Oktober, pasien yang dirawat tersisa 5 orang,” ujar Yuddy yang juga pernah menjadi Wakil Direktur Pelayanan RSUD Mohammad Ansari Saleh Banjarmasin.

Penurunan signifikan pasien yang dirawat sebutnya, karena kondisi pasien sendiri lebih banyak yang bergejala ringan. Sedangkan tren penurunan pasien ujarnya dirasa terjadi sejak September lalu.

“Sinergitas semua pihak termasuk masifnya vaksinasi membuat perawatan lebih ringan karena pasien banyak yang tak bergejala berat,” pungkasnya.

Di sisi lain, Juru Bicara Satgas Covid-19 Kalsel, M Muslim mewanti-wanti, agar masyarakat tak lengah meski terjadi penurunan pasien Covid-19 yang dirawat.

“Harus tetap waspada dan menerapkan protokol kesehatan ketat,” tegasnya.

Dia mengingatkan, penambahan kasus bisa saja kembali terjadi di saat mulai lemahnya penerapan protokol kesehatan. Diingatkannya pula, saat ini terjadi kenaikan kasus kembali di Singapura.

“Jangan sampai gara-gara lengah, kasus kita kembali tinggi dan membuat repot petugas medis dan rumah sakit,” imbaunya.

Selain terus menurunnya pasien yang dirawat di RSUD Ulin, Muslim juga menerangkan, pasien yang menjalani perawatan isolasi terpusat di Bapelkes Banjarbaru, sejak Sabtu (10/10/2021) tadi, sudah tak ada lagi yang dirawat.

“Sekali lagi jangan lengah. Masih ada laporan yang meninggal dunia karena Covid-19,” tukasnya. (rizqon)

Editor: Abadi

Related Articles

Trending

Terbaru

IKUTI KAMI

1,763FansSuka
26,867PengikutMengikuti
582PelangganBerlangganan