Jumlah Kursi di 5 Dapil Banjarmasin Alami Pergeseran

Foto bersama KPUD Kota Banjarmasin dan sejumlah Fraksi DPRD Kota Banjarmasin usai melaksanakan simulasi perhitungan alokasi kursi pemilu 2019 di Hotel Rattan In. (foto : baha/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel– Pemilu legislatif (Pileg) diselenggarakan pada 2019 mendatang, khususnya di Kota Banjarmasin ada penambahan dan pengurangan jumlah kursi.

Foto bersama KPUD Kota Banjarmasin dan sejumlah Fraksi DPRD Kota Banjarmasin usai melaksanakan simulasi perhitungan alokasi kursi pemilu 2019 di Hotel Rattan In. (foto : baha/klikkalsel)

Meski demikian, jumlah kursi yang tersedia di DPRD Kota Banjarmasin bagi partai peserta pemilu 2019 tetap disediakan 45 kursi.

Namun, perebutan kursi di 5 Daerah pemilihan (Dapil) Kota Banjarmasin berbeda pada Pileg 2014 silam. Jika sebelumnya di Dapil Banjarmasin Tengah tersedia 7 kursi kini hanya 6 kursi.

Begitu juga di Dapil Banjarmasin Selatan, sebelumnya 10 kursi justru bertambah menjadi 11 kursi. Sedangkan di Banjarmasin Utara sebelumnya 9 kursi menjadi 10 kursi.

Begitu pula di Dapil Banjarmasin Timur sebelumnya 9 kursi, Pileg 2019 mendatang hanya tersedia 8 kursi. Sementara di Dapil  Banjarmasin Barat, tidak ada pergeseran yakni tetap dengan 10 kursi.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Banjarmasin, Bambang Budiyanto mengungkapkan, pergeseran jumlah kursi di 5 Dapil Kota Banjarmasin itu karena memang adanya perubahan jumlah penduduk disetiap Dapil.

“Karena disetiap Dapil ada penambahan jumlah penduduk, sehingga mempengaruhi jumlah kursi,” tutur Bambang Budiyanto disela acara Raker Penataan Dapil Anggota DPRD Kota Banjarmasin, serta simulasi perhitungan alokasi kursi pemilu 2019 di Hotel Rattan In, Selasa (12/12/2017).

Sementara kata dia, bahwa jumlah kursi yang akan diperebutkan partai politik sebanyak 45 kursi, dengan jumlah penduduk dari 5 Dapil itu mencapai 647.003 orang berdasarkan UU Nomor 7 Tahun 2017.

“Apabila jumlah penduduk antara 500 ribu sampai 1 juta orang, akan mendapatkan 45 kursi,” tandasnya.(baha)

Editor : Amran

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.