Jumlah Kasus Kebakaran di Banjarmasin Alami Penurunan

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Jumlah musibah kebakaran di Banjarmasin pada 2020 ini dibanding tahun sebelumnya yakni 2019, mengalami penurunan.

Dari data Dinas Satpol PP dan Damkar Banjarmasin, hingga September 2019 kasus kebakaran di Banjarmasin mencapai 53, sementara ada 31 kejadian kebakaran hingga September 2020.

Kepala Bidang Damkar pada Dinas Satpol PP dan Damkar Banjarmasin Said A Rahman, mengatakan, sampai saat ini di Banjarmasin sendiri sudah terdapat penurunan musibah kebakaran.

“Sampai September data terakhir kita sudah terdapat sekitar 30 kejadian, dan ini banyak berkurang dibandingkan tahun sebelumnya,” jelasnya, (14/10/2020).

Sedangkan untuk kerugian yang diterima akibat musibah kebakaran tersebut hingga September 2020 ini, tercatat sebesar Rp9,5 miliar lebih.

Sedangkan tahun sebelumnya mencapai Rp39,2 miliar lebih dengan total kejadian sebanyak 70 kejadian di lima kecamatan di Banjarmasin.

“Kejadian terbanyak masih terjadi di kawasan Banjarmasin Tengah, dan Timur sebanyak 8 kejadian, kemudian Banjarmasin Selatan 7 kejadian, Banjarmasin Utara 5 kejadian dan Banjarmasin Barat 3 kejadian,” tuturnya.

Ia berharap, angka musibah kebakaran ini tidak lagi meningkat dan warga bisa menjaga lingkungannya dengan baik, agar terhindar dari kebakaran.

“Instalasi listriknya selalu diperiksa, lepas semua sambungan listrik ketika sedang bepergian dan yang paling penting perhatikan selalu kompor di dapur,” harapnya.

Selain itu Said, juga mensyukuri bahwa di tahun ini kejadian seperti kebakaran lahan tidak terjadi, karena menurutnya biasanya pada September hingga Oktober menjadi puncak kebakaran lahan.

“Meski di tempat kita tidak ada kebakaran lahan, tetapi kita selalu bersiap untuk membantu, karena kita juga salah satu kota yang berbatasan dengan wilayah yang sering terjadi kebakaran lahan, seperti Kabupaten Banjar dan Batola,” pungkasnya. (fachrul)

Editor : Akhmad

Related Articles

Trending

Terbaru

IKUTI KAMI

1,763FansSuka
26,867PengikutMengikuti
582PelangganBerlangganan