Jimi, Penderita Kanker Asal Warga Desa Binjai Tabalong, Sudah Jalani Biopsi dan Ditagani Dokter Spesialis

Kanker membuat Jimi kehilangan hidung dan penglihatannya. (istimewa)
Kanker membuat Jimi kehilangan hidung dan penglihatannya. (istimewa)
TANJUNG, klikkalsel.com – Masih ingat dengan Jimi (18)? Penderita kanker yang membuatnya kehilangan hampir 90% hidungnya itu kini ditampung di Rumah Singgah Pola Pertolongan Allah (PPA) Banjarmasin di Kompleks Permata Bunda Resort Blok B, Trikora Banjarbaru.
Jimi, warga Desa Binjai, Kecamatan Muara Uya, Kabupaten Tabalong yang saat ini tinggal di Desa Murung Karangan, RT 2, Kecamatan Muara Harus itu sebelumnya harus dirujuk rawat jalan ke RSUD Ulin, Banjarmasin. Namun kemudian, Jimi ditangani oleh RS Ratu Zalecha, Kabupaten Banjar.
“Ketika dirujuk rawat jalan ke RSUD Ulin, Jimi ditangani di poli, tidak masuk ke emergency. Emergency saat itu sedang prioritas pasien covid-19, sehingga Jimi sempat mengalami kesakitan,” jelas Ketua Pola Pertolongan Allah (PPA) Banjarmasin, Noreszha Ditta, melalui pesan singkat Whatsapp, Kamis (9/7/2020).
Manurut Ketua PPA Banjarmasin yang akrab di disapa Reza ini, pihaknya telah berkoordinasi dengan rekan-rekan PPA yang juga berprofesi dokter di RS Ratu Zalecha. Atas saran para dokter, Jimi kemudian ditarik ke Kabupaten Banjar dan mendapatkan pelayanan medis.
Saat ini Jimi telah menjalani rongten, pemeriksaan darah yang ditangani oleh beberapa dokter spesialis. Jimi juga telah menjalani biopsi dan hasilnya akan keluar beberapa hari lagi.
“Saat ini Jimi rawat jalan dan ditampung di Rumah Singgah PPA, demikian juga keluarganya yang mendampingi, tanpa harus membayar. Tidak hanya penampungan, PPA Banjarmasin juga memberikan pelayanan makanan. Kemarin Jimi makan sup ikan hehe,” ujar Reza.
Sebelumnya Jimi, yang meratapi dirinya tanpa tersentuh perawatan medis didorong oleh para relawan menjalani perawatan ke RSUD Badaruddin Tanjung, Tabalong.
“Atas inisiatif relawan, Ibu Hartini dari Program Keluarga Harapan (PKH) Dinas Sosial Tabalong, Kepala Desa Murung Karangan, Camat Muara Harus, Aparat Desa Mantuil, Tri Desi Indriani warga lainnya mereka membicarakan masalah ini kepada kami di DAI dan PPA Siaga, Tabalong. Langkah sinergi segera diambil. Jimi akhirnya dikirim ke RSUD Badarauddin dan kini dirujuk ke Banjarmasin,” jelas Erlina Komandan PPA Siaga Tabalong
Jimi dapat dirawat tak lepas dari partisipasi masyarakat Tabalong. Bagaimana pun proses perwatan penderita kanker pasti memakin waktu yang panjang dan biaya operasional tidak sedikit. Karena itu PPA Siaga mengajak masyarkat dapat menjadi penebar kebaikan untuk membantu Jimi.(arif)
Editor : Amran
Donasi dapat disampaikan ke nomor relening :
Bank Syariah Mandiri (451)
PPA SIAGA 71 444 777 17.
Kode unik dibelakang nominal transfer adalah 202, contoh ngirim 1.000.000 maka ketik 1.000.202
Konfirmasi dan informasi donasi :
0853-9327-9279, Rezha, Ketua PPALC Banjarmasin
0852-4889-6989 Erlina Effendi Ilas, Komandan PPA Siaga Tabalong