Banjarmasin

Jika Hasil Tracking Ditemukan Kasus Positif, Pasar Sentra Antasari Akan Ditetapkan Sebagai Klaster

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Banjarmasin langsung bergerak cepat setelah ditemukan satu kasus positif warga yang berprofesi sebagai juru parkir di pasar sentra Antasari dan mulai besok hari akan segera dilakukan Contact Tracking di Pasar Sentra Antasari.
Juru bicara tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Banjarmasin, dr Machli Riyadi, mengatakan bahwa pasien yang meninggal tersebut memang betul terinfeksi Covid-19.
“Ia untuk yang meninggal itu benar positif Covid-19, itu ditunjukan dari hasil swab nya,” ujar Machli, Kamis (30/4/2020).
Jika terjadi kasus penularan di pasar, ia mengimbau kepada seluruh masyarakat yang memiliki kontak erat dengan pasien meninggal tersebut agar sesegera mungkin melaporkan diri ke puskesmas terdekat, sesuai dengan wilayah domisili orang tersebut.
Sedangkan untuk kasus penularan yang terjadi di pasar tersebut, ia bersama tim gugus tugas sudah mulai melakukan contact tracking untuk menemukan apakah ada kemungkinan penularan selanjutnya.
Dari hasil tracking terhadap pasien meninggal tersebut, Machli menyampaikan bahwa yang bersangkutan tidak memiliki riwayat perjalanan jauh atau ke luar kota.
“Kita sudah tracking untuk yang bersangkutan, pasien meninggal itu tidak ada riwayat perjalanan, maka kami meminta agar siapa saja yang kontak erat dengan yang bersangkutan untuk bisa melapor,” tegasnya.
Sedangkan untuk lokasi penularan, yakni pasar sentra Antasari, menurutnya sesuai dengan undang-undang dan Perwali, tempat tersebut tidak bisa ditutup, dikarenakan pasar merupakan tempat transaksi jual beli terlebih untuk jual beli bahan pokok.
Namun, apabila dari hasil penelusuran nanti, kembali ditemukan kasus positif yang riwayatnya berasal dari pasar sentra antasari, ia meminta agar tempat tersebut segera ditutup.
“Dari undang-undang Nomor 6 Tahun 2018 memberikan pengecualian bahwa pasar itu tidak boleh tutup, karena menjual kebutuhan pokok, terkecuali apabila dari hasil tracking nanti kembali ditemukan kasus positif disana kita akan ajukan untuk menutup pasar itu, dan akan ditingkatkan menjadi klaster Pasar Sentra Antasari,” jelasnya.
Besok pagi tim gugus tugas akan melakukan contact tracking kepada sejumlah orang yang kontak erat dengan pasien meninggal itu, dari sumber yang didapatkan sudah ada beberapa orang yang memiliki kontak erat dan dilakukan pemeriksaan rapid test.(fachrul)
Editor : Amran
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top