Jembatan Miring dan Putus, Petani Kesulitan ke Sawah

Petani Desa Karya Baru Kec Tabunganen, Kab Barito Kuala, tampak hati-hati saat melintasi jembatan miring dan bergoyang.(foto : rizqon/klikkalsel)

MARABAHAN, klikkalsel – Dua buah jembatan kayu ulin di Desa Karya Baru Kecamatan Tabunganen Kabupaten Barito Kuala (Batola) mengalami kerusakan parah, putus dan miring. Kondisi itu, menuai keluhan karena menjadi penghambat aktivitas warga setempat yang mayoritas sebagai petani.

Jembatan kayu ulin penghubung antar RT 3 dan 7, miring, akibat patah 6 tiang pancang. Meski membahayakan, warga setempat masih melintasi jembatan sepanjang 120 meter, dan kurang lebih 10 meter di atas Sungai Tabunganen. Sebab, tak ada akses lain yang lebih dekat bagi warga untuk menuju sawah.

“Khawatir juga takut kalau runtuh, ini akses untuk menyeberang ke sawah. Sangat menyulitkan, anak-anak sekolah khawatir kalau jatuh,” ucap Rani, petani di Desa Karya Baru Kecamatan Tabunganen Kabupaten Batola, kepada klikkalsel.com (23/1/2019).

Sementara, ibu-ibu setempat memilih tidak melintas jembatan miring tersebut. Mereka pun berinisiatif lebih menggunakan perahu, untuk menyeberang.

“Takut dada rasa bunyi ‘dag dug’, saat ini menyeberang pakai jukung perahu, harapannya semoga cepat diperbaiki,” kata Barniah sehari-hari sebagai petani.

Kepala Desa Karya Baru, Muhammad Tarmidi mengaku prihatin dan miris akan kerusakan jembatan tersebut. Berdampak bagi warganya dalam beraktivitas sehari-hari, khususnya bagi kalangan pelajar yang memutar dari desa tetangga, untuk menuju ke sekolah.

“Kalau lewat Tabunganen Hulu ada sekitar 3 kilomoter, lewat Tabunganen Muara sekitar 7 kilometer. ke SMA agak dekat dikit 5 kilometar dan menuju SMP sekitar 10 kilometer,” tandasnya.

Untuk diketahui, Dua buah jembatan kayu ulin di Desa Karya Baru Kecamatan Tabunganen Kabupaten Batola, mengalami kerusakan parah. Lantaran, tiang jembatan patah setelah tak mampu menahan hantaman tumpukan sampah sungai yang hanyut terbawa arus deras, pada Minggu (20/1/2019) lalu

Dinas PUPR Batola sendiri, diketahui telah melakukan pengecekan keadaan dua jembatan rusak tersebut. Rencananya, untuk jembatan miring akan dilakukan perbaikan dalam waktu dekat.(rizqon)

Editor : Farid