Religi  

Jemaah Asal Tabalong Wafat di Arafah

Jemaah asal tabalong meninggal dunia

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Jemaah asal Kalimantan Selatan (Kalsel), kloter 18 embarkasi Banjarmasin asal Tabalong Hidayatussibyan (50), wafat di Rumah Sakit Arafah pada Jumat 14 Juni kemarin.

Kepala Kanwil Kemenag Kalsel Dr H Muhammad Tambrin, yang juga selaku Ketua PPIH Embarkasi Banjarmasin telah mendengar kabar duka tersebut.

“Informasi yang kita dapat dari petugas jemaah merupakan keberangkatan kloter 18 atas nama Hidayatussibyan, meninggal karena syok kardiogenic, heart failure, hipertensi, DM non insuli, di Rumah Sakit Arafah,” katanya, Sabtu (15/6/2024).

Disampaikannya pula dari informasi, kronologis almarhum Hidayatussibyan, pada Jumat 14 Juni 2024 pukul 15.30 Waktu setempat mengeluh lemas, batuk dan langsung diberikan pengobatan infus serta injeksi.

Pada pukul 16.30 waktu setempat, petugas melakukan observasi heart attack dan petugas memberikan injeksi obat-obatan serta RJP hingga sampai di UGD RS Arafah pukul 17.20 waktu setempat dan langsung mendapat tindakan oleh tim emergency.

Kemudian pukul 18.15 waktu setempat, jemaah itu dinyatakan meninggal oleh pihak RS Arafah.

“Kami mengucapkan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya. Insya Allah beliau wafat dalam keadaan Husnul Khotimah sebagai Syuhada Haji,” katanya.

Baca Juga : Pemberangkatan Jemaah Embarkasi Banjarmasin Selesai

Baca Juga : Masjid Sabilal Muhtadin Bagikan 3.000 Kupon Daging Kurban

Sebelumnya Tambrin beserta jajarannya dan seluruh keluarga besar Kementerian Agama telah menggelar Doa Bersama untuk Jemaah Haji Indonesia yang sedang berada di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna).

“Tadi malam, kita telah menggelar doa bersama yang didahuli dengan pembacaan Surat Yasin, Sholawat Kamilah serta Ratibul Haddad untuk keselematan kemudahan para jemaah haji kita yang sedang berada di Armuzna,” pungkasnya.

Dengan wafatnya jemaah haji asal Tabalong Kloter 18 tersebut, maka jumlah jemaah haji Embarkasi Banjarmasin yang wafat di Mekah bertambah menjadi dua orang.

Jemaah haji yang wafat sebelumnya atas nama Sirun Mucheri (79), kloter 7 dari Barito Selatan Kalimantan Tengah yang wafat pada 8 Juni 2024 di Mekah. (azka)

Editor : Akhmad