Jelang Idul Fitri, Kapal Angkut Seribu Lebih Pemudik

Suasana menjelang pemberangkatan KM Kumala PT Dharma Lautan Utama yang mengangkut pemudik di Pelabuhan Tri Sakti Bandarmasih Banjarmasin. (foto : rizqon/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel – Arus mudik jelang lebaran Idul Fitri 2019 di Pelabuhan Trisakti terjadi lonjakan penumpang. Hingga H min 6 lebaran ini, rata-rata jumlah penumpang kapal laut di atas 1.500 orang.

Jum’at (31/5/2019), dari pantauan awak media keberangkatan KM Kumala yang berlabuh menuju Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur. Embarkasi tersebut mengangkut 1.533 pemudik dari beragai penjuru daerah di Kalimantan Selatan.

Disamping itu, guna memastikan kelancaran operasional KM Kumala tersebut dalam melayani pemudik. Kepala Kantor Cabang PT Dharma Lautan Utama Banjarmasin, Anton Wahyudi memantau langsung seluruh proses pemberangkatan penumpang.

Anton memprediksi puncak arus mudik di Pelabuhan Tri Sakti Bandarmasih Banjarmasin pada H min 4 dan 3 lebaran.

“Puncaknya mulai kita rasakan pada tanggal 30 kemarin. Jadi kemungkinan sampai tanggal 3 (Juni) ada lonjakan penumpang. Tapi Alhamdulillah kapal yang masuk ke Banjarmasin ini, kapal yang kapasitas besar,” ucapnya.

Manajer Cabang PT Dharma Lautan Utama Banjarmasin, Anton Wahyudi (kanan). (foto : rizqon/klikkalsel)

Sementara itu, Anton menambahkan pihak PT Dharma Lautan Utama telah membuka pemesanan tiket melalui sistem online aplikasi DLUFERRY yang tersedia di Playstore android. Bertujuan mengurai penumpukan pemesanan pada puncak arus mudik.

“Kita punya strategi untuk mengarahkan penumpang, biar tidak fokus pada H min 7. Kita ada harga progressif, jadi awal bulan H min 30 kita melakukan diskon untuk penumpang, sedangkan di puncaknya ini harga Rp 440 ribu,” pungkasnya.(rizqon)

Editor : Amran