Fenomena

Jangan Stigma Negatif Warga Terpapar Corona

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Warga yang mendapat status Orang Dalam Pantauan (ODP) dan Pasien Dalam Perawatan (PDP) maupun yang terkonfirmasi positif Covid-19 perlu semangat dan motivasi agar bisa sembuh.

Mendukung itu, warga diharapkan tidak memberikan stigma negatif kepada mereka yang terindikasi sebagai ODP dan PDP Covid-19 dan keluarganya.

Bagi Ketua DPC PKB Banjarmasin Hilyah Aulia, ODP dan PDP maupun yang positif, perlu dukungan dari seluruh elemen masyarakat.

“Seharusnya dibantu agar mereka bisa mendapatkan tambahan, jangan malah dikucilkan. Karena ini berdampak kepada perekonomian mereka. Jangan orang-orang tersebut diberikan stigma negatif,” kata Hilyah Aulia usai memberikan bantuan kepada salah satu keluarga Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kelurahan Basirih Selatan, Sabtu (18/4/2020) siang.

Paling penting, kata dia, peran pemerintah setempat sangat diperlukan untuk membantu perekonomian mereka, yang terpengaruh akibat Corona.

Mengingat jumlah warga terinfeksi Corona kian melonjak, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Banjarmasin ini mengimbau, seluruh elemen warga khususnya Tim Gugus Tugas P3 Covid-19 Banjarmasin untuk bersama-sama bergerak cepat memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Hal serupa dikatakan Lurah Basirih Selatan, Masrani, agar tak mengucilkan warga terindikasi terpapar virus asal Wuhan, China tersebut.

“Jangan dikucilkan, karena ini musibah, bukan aib. Siapa pun tidak menghendaki penyakit ini. Tapi tetap ikuti anjuran pemerintah,” katanya yang diiyakan Kepala Puskesmas Pekauman dr Afri Amorrinto saat mendampingi Hilyah Aulia memberikan bantuan. (farid)

Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top