Banjarmasin

Jalankan Agenda Tahunan, CaC! Bagikan Alat Tulis ke Sejumlah Siswa di Sekolah

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Coin a Chance (CaC!) membagikan buku tulis dari hasil koin yang dikumpulkan ke Sekolah Dasar (SD) Swasta di Banjarmasin, Selasa (22/9/2020).

Dalam rangka memperingati hari lahir ke-9 terbentuknya CaC! di Banjarmasin, kali ini membagikan alat tulis ke SD Islam Rahmatillah yang menurut CaC! Berhak menerima bantuan yang merupakan agenda tahunan.

Koordinator umum CaC! Banjarmasin, (ketua) Farina Amelia, menerangkan Coin a Chance! Banjarmasin terbentuk di Banjarmasin pada tanggal 28 Mei 2011 ini mulanya bernama Koin untuk Banua (KUB).

Inspirasinya dari gerakan sosial Coin a Chance! yang diawali di Jakarta pada Desember 2008 dan tersebar di berbagai kota di Indonesia, seperti CaC! Yogyakarta, CaC! Medan, CaC! Pare-Pare, bahkan sampai ke Jerman dan Austria (Europe Coin a Chance).

Semua gerakan Coin a Chance! di bidang pendidikan untuk membantu anak-anak dari keluarga tidak mampu agar bisa bersekolah dan mendapat pendidikan yang layak.

Caranya dengan mengajak semua orang untuk mengumpulkan recehan atau uang logam yang biasanya dianggap remeh. Koin yang terkumpul akan ditukarkan dengan sebuah kesempatan bagi anak-anak putus sekolah atau murid dari keluarga tidak mampu agar mereka bisa melanjutkan sekolahnya.

Adapun, donasi buku yang tadi dibagikan dananya berasal dari donasi yang dititipkan ke CaC! Banjarmasin.

“Biasa setiap awal tahun ajaran CaC! Banjarmasin berbagi paket alat tulis sekalian merayakan ulang tahun CaC! Banjarmasin. kali ini karena ada pandemi dan sesuatu hal sehingga terlambat disalurkan,” ucap Farina Amelia kepada klikkalsel.com

Lanjutnya, menjelaskan sejumlah paket alat tulisnya dibagikan ke anak-anak usia sekolah yang memerlukan, ada yang di sekitar tempat tinggal pengurus CaC! Banjarmasin.

“Kebetulan profesi saya guru juga dan ada kemarin siswa saya yang memerlukan jadi Saya bagikan ke dia, terus yang hari ini tadi ke SD Islam Rahmatillah,” ujarnya

Ia nemambahkan, kenapa memilih sekolah ini, karena SDI Rahmatillah itu SD Islam gratis. Sehingga sebagian siswanya berasal dari keluarga tidak mampu. Guru di sana ada 8 orang, sudah termasuk Kepalas Sekolah dan semua gurunya adalah guru honorer total jumlah siswa 65 dengan lokal 6 kelas. Lokasi SDI Rahmatillah ini berada di Kuin Utara, Gang Rahmat, Banjarmasin.

Kegiatan ini disambut baik oleh kepala sekolah SD Islam Rahmatillah, Teguh Waluyo atas bantuan donasi dari CaC! Banjarmasin sehingga beberapa anak murid tidak pusing lagi harus membeli buku. “Kami banyak berterima kasih,” tuturnya.

Baca Juga : Banjarmasin The River City, Visi Misi Ibnu-Herman Rampung Mewujudkan Banjarmasin menjadi Kota Sungai Terindah di Indonesia

Pasalnya, SDI Rahmatillah tidak menggunakan sistem daring dikarenakan kebanyakan murid disini tidak menggunakan henpon dan agar murid tetap menerima pelajaran secara bergantian untuk masuk kelas.

“Misalnya hari Senin kelas 1 sampai 3 turun, hari Selasa kelas 4,5,6 supaya tetap menjaga jarak,” ujar teguh.

Sekedar diketahui Coin a Chance! mempunyai adik asuh dari sejumlah siswa yang biaya sekolahnya dibantu (beri beasiswa) oleh Coin a Chance!.

Adapun bantuan yang diberikan berupa fasilitas belajar (bayar iuran komite sekolah, menebus buku paket/LKS, beli seragam, beli alat tulis). Hingga di belikan sepeda jika perlu, akan tetapi sepeda ini statusnya hanya dipinjamkan, jadi jika tidak digunakannya lagi akan kami gunakan untuk membantu adik asuh yang lain.

Beasiswa yang diberikan juga tidak full mengcover biaya sekolahnya. ada nominalnya karena tujuannya membantu orangtua adik asuh sehingga tanggung jawab pendidikan tetap ada di tangan orangtuanya.

CaC! ini hanya sebuah komunitas Bukan yayasan, karena tidak mengambil keuntungan dari donasi yang diberikan. Semua donasi di gunakan untuk bakti sosial dan beasiswa adik asuh.

“urusan transport, konsumsi, atau akomodasi saat berkegiatan terkait CaC! Banjarmasin menggunakan dana pribadi,” pungkas Farina Amelia.(airlangga)

Editor : Amran

block id 8627 site klikkalsel.com - PC/Mob
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top