Isu Jembatan Akan Ambruk, Hoax

Jembatan pangeran yang menjadi viral dimedsos masih dilalui pengendara. Bahkan tidak benar kalau jembatan tersebut akan roboh. (foto : azka/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel,- Keretakan bangunan pada jembatan pangeran sontak menjadi viral di media sosial (medsos).  Kondisi jembatan itu bahkan dikhawatirkan warga sekitar bisa membahyakan dan roboh.

Jembatan pangeran yang menjadi viral dimedsos masih dilalui pengendara. Bahkan tidak benar kalau jembatan tersebut akan roboh. (foto : azka/klikkalsel)

Jembatan tersebut  menjadi penghubung menuju Kota Banjarmasin dan sebaliknya jika hendak ke luar kota Banjarmasin, baik ke Kabupaten Barito Kuala (Batola) maupun ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah (Kalteng).

Pantauan klikkalsel di lapangan, kondisi jembatan pangeran masih dilalui para pengendara baik roda dua dan empat seperti pada umumnya. Memang belum ada pengaruh akibat keretakan tersebut terhadap pengguna yang melintas di atas jembatan.

Menurut Usi (50), warga sekitar yang berprofesi sebagai penambal ban tepat di bawah jembatan tersebut mengatakan, sejak Selasa (7/11/2017) pagi banyak orang yang melihat jembatan tersebut, bahkan ada juga menyempatkan singgah untuk mengambil gambar dengan kamera handphone.

“ Tiang pondasi yang retak banyak di foto oleh warga setelah isu jembatan retak tersebut beredar di medsos,” ucap Isu kepada klikkalsel.

Selain itu ia menambahkan, keretakan pada bangunan jembatan pada pondasi atau tiang jembatan tersebut  tidak begitu besar dan sudah terlihat sebelumnya.

“Sebelumnya saya melihat sudah retak,  itu plaster antara pondasi dan badan jembatan yang kropos,” uajrnya.

Senada dengan Usi, warga bernama Mani (60), berprofesi sebagai service motor yang bengkelnya tak jauh dari jembatan pangeran mengatakan, belum terdengar ada suara yang seperti retak. Kondisi jembatan tersebut masih terlihat kokoh pada tempatnya.

“Kalau ambruk rasanya tak mungkin, sebab tiang pondasinya besar. Apalagi saya pernah melihat bagimana pembangunan jembatan tersebut dan tiangnya sangat besar,’’ katanya, sambil menunjuk kearah pondasi jembatan.

Jembatan tersebut menurutnya hanya retak karena semennya agak kropos. Masyarakat kata dia, jangan menyebar isu yang tidak benar, apalagi mengatakan kalau jembatan tersebut  akan roboh seperti yang diisukan dimedsos. (azka)

 

Editor : Amran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.