ISPU Mengalami Kerusakan, DLH Banjarmasin Sudah Ajukan Percepatan Perbaikan ke Kementerian

ISPU Banjarmasin yang berada di Jalan Lambung Mangkurat masih dalam keadaan rusak

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Merupakan alat Indek Standar Pencemar Udara (ISPU), milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di kawasan Jalan Lambung Mangkurat belum di perbaiki.

Padahal saat ini di Banjarmasin sering kali diserang kabut asap kiriman dari kabupaten tetangga.

Perihal kerusakan ISPU tersebut, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Banjarmasin, Wahyu Hadi Cahyono, mengatakan bahwa saat ini alat pengukur indeks pencemaran udara itu tengah dalam proses perbaikan.

“Saat ini alat itu masih dalam tahap maintance oleh pihak Kementerian,” terangnya.

Ia juga mengatakan alasan mengapa ISPU belum menyala, karena proses perbaikan untuk Banjarmasin masih masuk dalam daftar tunggu.

“Kita masih dalam daftar tunggu, karena yang mengalami kerusakan tidak hanya di Banjarmasin,” ujarnya.

Baca Juga : Sedia Masker! Kualitas Udara Ibu Kota Kalsel Tidak Sehat Akibat Karhutla

Baca Juga : Kalsel Menanti Kedatangan Helikopter Water Boombing Tangani Karhutla

Namun menurutnya pihak DLH Banjarmasin tidak tinggal diam perihal lamanya proses daftar tunggu untuk perbaikan tersebut.

Ia mengaku bahwa sudah melakukan koordinasi dengan pihak Kementerian agar perbaikan ISPU di Banjarmasin ini bisa di percepat.

“Kita sudah mengajukan permohonan agar daftar tunggu kita bisa di percepat. Apalagi kan di tempat kita kabut terjadi beberapa hari belakangan ini,” tuturnya.

“Untuk itu kita meminta agar bisa dipercepat supaya masyarakat Kota Banjarmasin bisa melihat kadar pencemaran yang terjadi,” pungkasnya.(fachrul)

Editor : Amran