Kesehatan

Injury Time, Pembangunan Puskesmas Sungai Andai Akhirnya Dianggarkan

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Setelah mencuat di media, akhirnya pembangunan Puskesmas Sungai Andai akan dibangun pada 2021 mendatang.

Pasalnya, pihak Banggar DPRD bersama tim TPAD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah) Banjarmasin sepakat memasukan anggaran pembangunan Puskesmas tersebut saat injury time pembahasan anggaran atau pada rapat finalisasi RAPBD Banjarmasin 2021, di ruang paripurna DPRD Banjarmasin, Kamis (19/11/2020).

“Sebelumnya pada pembahasan KUA-PPAS tidak dianggarkan, tadi setelah dilakukan pendekatan bisa diakomodir,” kata Wakil Ketua DPRD Banjarmasin Matnor Ali.

Diungkapkannya, anggaran yang disetujui untuk Puskemas tersebut sebesar Rp 8,6 miliar. “Namun disarankan menjadi Rp10 miliar, karena beserta fasilitas dan alat kesehatan untuk Puskemas tersebut,” kata dia.

Politisi Golkar ini, dianggarkannya pembangunan Puskesmas tersebut karena sudah tiga tahun diwacanakan dan sudah menjadi skala prioritas.

Lagipula, perencanaan pembangunan Puskesmas sudah dibahas dan dimasukkan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Banjarmasin.

Bahkan, Desain Enginering Detail (DED) sudah disiapkan sejak 2018, dan lahannya pun sudah disiapkan.

“Semenjak saya jadi ketua komisi IV sudah mengawal agar pembangunannya direalisasi,” sebutnya.

Walau begitu, ia memastikan, proyek dan program dinas kesehatan, termasuk SKPD yang lain tetap jalan. Seperti pengadaan incenerator, termasuk pembangunan lanjutan RSUD Sultan Suriansyah.

“Soal disetujuinya anggaran Puskesmas, murni perjuangan dewan dari tim anggaran. Mengingat kesehatan merupakan pelayanan wajib,” ujarnya.

Disinggung soal adanya nuansa politis? Matnor Ali menyatakan tidak ada. Namun, ingat dia, hal itu bisa terjadi untuk mengangkat citra oknum politik tertentu.
“Tergantung, kalau ada yang ‘menggoreng’ di lapangan,” imbuhnya.(farid)

Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top