Ini Tiga Tempat Wisata Banjarmasin yang Ada di Kolong Jembatan

BANJARMASIN dikenal dengan wisata sungai, terutama Pasar Terapung. Mendukung itu sejumlah tempat di pinggiran sungai pun mulai disulap menjadi menarik dan sebagai wisata baru.

Bahkan, tempat yang sebelumnya tak pernah dimanfaatkan seperti bawah jembatan. Kini kolong jembatan tersebut dirubah dan ditata sedemikian rupa, sehingga menjadi tempat yang nyaman sekaligus dijadikan sebagai lokasi wisata di Banjarmasin.

Berikut tiga tempat wisata di Banjarmasin yang ada di kolong jembatan ;

  1. Wisata Bermain Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) dan Rombong Jukung Sasirangan kolong Jembatan Banua Anyar Jalan Pangeran Hidayatullah.

Taman Anak ini ramai dikunjungi ketika sore, terlebih saat hari libur banyak orang tua yang membawa anaknya di lokasi ini. Di tempat ini disediakan wahana bermain seperti perosotan, ayunan, kuda-kudaan dan lain sebagainya. Taman ramah anak ini lantainya berbahan rumput sintetis, jadi kalau terjatuh tidak terlalu sakit. Sejak diresmikan November 2017, taman ini selalu ramai dikunjungi pengunjung. Terletak di pinggiran sungai Jingah perairah Sungai Martapura, di tempat ini pengunjung juga bisa menikmati kuliner khas Banjar. Sebab persis berseberangan dengan RPTRA ini ada Rombong Jukung Sasirangan yang menyediakan segala kuliner khas Banjar.

Wisata Bermain Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), di kolong jembatan Banua Anyar Jalan Pangeran Hidayatullah (foto : isti rohayanti/banjarmasinpost.co.id)
Rombong Jukung Sasirangan. (foto : BERITABANJARMASIN.COM)

2. Wisata Kuliner Arab Kolong Jembatan AKB.

Selanjutnya bagi penyuka makanan ala Timur Tengah, khususnya Arab. Di Banjarmasin ada lokasi yang baru saja dibuka pada penghujung September 2019, letaknya persis di kolong jembatan kembar Antasan Kecil Barat (AKB), pengubung Jalan S Parman dan Brigjen H Hasan Basry (Katu Tangi).

Lokasinya yang masuk kawasan Kampung Arab itu menyediakan berbagai macam menu Timur Tengah, seperti nasi samen, gulai kambing dan sebagainya. Namun tempat ini hanya buka setiap Jumat sore.

Wisata Kuliner Arab di kolong Jembatan Antasan Kecil Barat penghubung Jalan S Parman dan Brigjen H Hasan Basry (Kayu Tangi). foto Azka)

 

3. Wisata Kuliner Wasaka dan Mawarung Baimbai Kolong Jembatan Banua Anyar.

Nah, di tempat ini berbagai kuliner khas Banjar tersedia, seperti Soto Banjar, Ketupat Kandangan, Nasi Kuning Banjar, dan lainnya. Dibuka Awal Januari 2019 silam, tempat wisata ini hanya buka pada Sabtu sore hingga malam.

Kuliner Wasaka Dan Mawarung Baimbai, terletak dikawasan Jalan Pangeran Hidayatullah tepatnya di bawah Jembatan Banua Anyar Kelurahan Sungai Jingah, Banjarmasin Utara. (fotoAzka)

Penulis : Azka

Editor : Akhmad